Ketahui Dulu Peraturan Permainan Sepak Takraw Sebelum Memainkannya

Ketahui Dulu Peraturan Permainan Sepak Takraw Sebelum Memainkannya

Sepak takraw untuk sekarang ini memang menjadi salah satu cabang olahraga dengan peminat yang masih sedikit. Hal ini disebabkan karena sulitnya memainkan permainan yang satu ini. Bagi masyarakat yang ingin melakukan permainan ini tentunya membutuhkan teknik dan keahlian yang memang harus diperhatikan dengan baik., bagi Anda sebagai pemain pemula yang masih awam dengan permainan ini, maka Anda pun dapat untuk mengetahui teknik dan tata cara dalam melakukan olahraga yang satu ini.

 

Semua olahraga yang dilakukan tentunya ada peraturan yang memang haruslah diperhatikan dengan sebaik mungkin. Oleh sebab itulah pentingnya peraturan yang ada dalam menjalankan olahraga agar permainan dapat berjalan dengan lancar dan tentunya tidak ada kecurangan di dalam permainan itu sendiri. Jika Anda belum mengetahui peraturan yang ada dalam permainan ini, maka Anda dapat untuk mengintip beberapa ulasan berikut.

Baca Juga : Inilah Manfaat Dari Sepak Takraw Bagi Kesehatan Tubuh

Agar Anda dapat melakukan olahraga atau permainan yang satu ini, maka Anda dapat mengintip beberapa ulasan yang ada di bawah berikut:

  • Ukuran lapangan 13,40 x 6,10 m.
  • Apabila dimainkan dalam ruangan, tinggi loteng minimal 8 meter dari lantai.
  • Isi lapangan ditandai cet atau lakban dengan lebar 4 cm dan untuk area bebas minimal 3 meter pada garis luar lapangan yang bebas dari rintangan.
  • Berat bola 170-180 gram untuk putra, sedangkan untuk putri 150-160.
  • Dimainkan 2 regu, yang terdiri dari 3 pemain untuk setiap regunya dan ditambahkan 1 pemain untuk cadangan.
  • 1 diantara tiga pemain sepak takraw akan berada pada posisi belakang atau back maupun tekong.
  • Semua pemain putra diwajibkan untuk memakai pakaian berupa kaos seragam yang berlengan T-shirt dan juga memakai sepatu karet sedangkan untuk Putri diwajibkan memakai kaos bundar leher dan celana sebatas lutut.
  • Kapten Regu diharuskan memakai band tangan pada sebelah kiri dan seluruh pemain wajib memakai pakaian dan dengan nomor punggung selama tournament.
  • Sebelum permainan dimulai maka kedua regu harus sudah berada dilapangan masing-masing dan dalam posisi yang siap bermain .
  • Untuk regu yang memilih sepak waktu undian maka akan memulai untuk permainan pada set 1.

 

Setiap permainan tentunya tidak akan terhindarkan dari yang namanya peraturan, oleh sebab itulah Anda yang ingin melakukan permainan yang satu ini maka Anda haruslah mengetahui peraturan yang telah diberikan agar permainan ini dapat berlangsung dengan baik dan lancar dam tentunya tidak akan menyulitkan diri Anda pada saat ingin melakukan permainan ini.

 

Dengan adanya peraturan seperti yang ada diataslah yang memang harus diperhatikan dan ditaati oleh para pemain sepak takraw agar permainan tidak mengalami kendala apa pun. Sedangkan apabila pemain yang melanggar peraturan yang sudah diberikan maka pemain akan mendapatkan saksi atau hukuman sehingga perhatikan setiap peraturan yang diberikan dengan sebaik mungkin.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply