Khasiat dan Manfaat Olahraga Senam

Ketika kita menonton pesenam tampil di tingkat tertinggi, seperti Olimpiade atau kejuaraan nasional, sangat mudah untuk takjub melihat betapa kuat dan fleksibel mereka.  kekuatan, fleksibilitas, kekuatan, kelincahan, koordinasi, keseimbangan dan kontrol yang dibutuhkan dalam senam yang memang mengesankan. Sebagai masyarakat umum, anda juga bisa merasakan khasiat dan manfaat olahraga senam.

Berikut adalah Manfaat Olahraga Senam untuk Kesehatan:

   Fleksibilitas: Fleksibilitas adalah faktor utama dalam senam. Meningkatkan fleksibilitas juga dapat menjadi bantuan yang efektif untuk pengurangan cedera. Dengan belajar gerakan dan menggabungkan mereka dalam rutinitas, pesenam dapat mencapai fleksibilitas yang lebih besar dan kontrol yang lebih besar dari tubuh.

   pencegahan penyakit: Partisipasi dalam senam dapat membantu menjaga kesehatan tubuh, yang merupakan kunci untuk mencegah berbagai kondisi kesehatan seperti asma, kanker, obesitas, penyakit jantung dan diabetes. Terlibat dalam senam membantu mendorong gaya hidup sehat, termasuk aktivitas fisik secara teratur dan makan diet seimbang.

   Kuat dan sehat tulang: Partisipasi dalam kegiatan menahan beban – termasuk senam – dapat mengembangkan kuat, tulang sehat, yang penting untuk mengembangkan di usia muda. kita pasti mengalami penurunan massa tulang setiap tahun. Membangun kuat, tulang sehat di usia muda dapat membantu mengurangi risiko terkena osteoporosis di kemudian hari.

   Peningkatan harga diri: Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Robert Wood Johnson Medical School telah menunjukkan bahwa anak-anak yang berpartisipasi dalam kegiatan fisik seperti senam cenderung memiliki lebih baik harga diri.

   Peningkatan fungsi kognitif: Partisipasi dalam senam tidak hanya menawarkan keuntungan fisik; itu bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus mental – merupakan aspek penting dari kehidupan siapapun. Senam memungkinkan anak-anak kesempatan untuk berpikir sendiri, untuk merangsang imajinasi mereka dan untuk memecahkan masalah dengan aman.

   Peningkatan koordinasi: orang menjadi lebih siap untuk menghindari situasi yang berbahaya dengan cepat mengidentifikasi mereka dan secara alami mengoreksi keselarasan tubuh saat berjalan, berdiri atau melompat, dll

   pengembangan kekuatan: Senam menghasilkan, pound-for-pound, atlet terbaik di dunia. Senam menggunakan hampir secara eksklusif latihan berat badan untuk membangun tubuh bagian atas, tubuh bagian bawah, dan kekuatan inti.

   Disiplin: Senam menanamkan rasa disiplin. Setiap siswa harus memiliki kontrol diri untuk melakukan koreksi ketika pelatih meminta mereka untuk, dan mereka juga harus memiliki disiplin diri untuk tetap pada tugas ketika pelatih bekerja dengan pesenam lain.

   keterampilan sosial: Pada semua usia, senam memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan sosial. anak-anak muda belajar bagaimana untuk berdiri di baris, melihat, mendengar, diam ketika orang lain berbicara, bekerja dan berpikir secara mandiri, dan bagaimana menghormati orang lain. Anak-anak yang lebih tua belajar bagaimana untuk menetapkan contoh yang baik bagi orang-orang yang melihat ke mereka dan menjadi panutan di usia muda.

Semoga manfaat olahraga senam di atas bisa bermanfaat bagi Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply