Kriteria Baju Yoga yang Benar dan Tepat

Yoga merupakan aktivitas fisik yang dapat meningkatkan kebugaran tubuh dan menjaga kesehatan. Selain itu, yoga juga bisa dilakukan untuk menenangkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi ataupun manajemen stress setelah lelah beraktivitas. Untuk melakukan yoga, Anda perlu memakai baju yang tepat. Hal ini ditujukan agar setiap gerakan yoga bisa dilakukan dengan mudah berkat pemakaian baju yang tepat dan benar. Berikut ini beberapa kriteria baju yoga yang tepat untuk mensupport kegiatan dan gerakan-gerakan yoga yang Anda lakukan, yaitu:

  • Memiliki elastisitas yang baik.

Salah satu kriteria baju yang cocok untuk dipakai ketika yoga yaitu memiliki elastisitas yang baik untuk membantu kemudahan Anda dalam bergerak. Pasalnya, ada banyak gerakan yoga yang menuntut tubuh untuk bergerak lebih elastis dari biasanya. Jika baju yang dipakai tidak memiliki elastisitas atau kelenturan yang baik, maka gerakan yoga tak bisa dilakukan secara optimal. Hal tersebut justru akan membuat gerakan yoga terasa tidak nyaman dan tidak bisa dilakukan dengan benar. Bahkan bahan baju yang tidak elastis akan lebih mudah sobek dan rusak ketika gerakan-gerakan yoga dilakukan.

  • Tidak terlalu ketat ataupun longgar.

Dalam memilih baju untuk yoga, Anda wajib memperhatikan ukuran dan desainnya. Pastikanlah baju tidak terlalu ketat karena akan membuat Anda merasa sesak ketika melakukan setiap gerakan yoga. Pakaian yoga yang terlalu ketat juga membuat lekukan tubuh terlalu terekspose dan menimbulkan perasaan tidak nyaman. Sementara itu, memilih baju yang terlalu longgar juga tidak dianjurkan karena dapat mempersulit gerakan dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Misalnya pada posisi head stand, baju yang longgar akan terbuka dan membuat tubuh menjadi terlihat. Maka dari itu, pilihlah baju khusus yoga yang ukurannya pas, tidak terlalu ketat ataupun terlalu longgar.

  • Berpori dan dapat memberi kesejukan.

Memperhatikan tekstur dan karakteristik baju yoga sangatlah penting untuk mendapatkan pakaian yang paling tepat. Pilihlah baju yang berpori karena dapat memberi rasa sejuk ketika digunakan. Artinya, aktivitas yoga terasa lebih segar dan tidak panas apabila baju yang dipakai memiliki pori-pori serat yang efektif memberi efek sejuk bagi penggunanya. Oleh sebab itu, perhatikan dan kenalilah masing-masing bahan baju yang ditawarkan agar pakaian yoga yang Anda kenakan dapat menunjang kegiatan dan semua gerakan-gerakan yoga.

Baca Juga: Olahraga Zumba Buat Tubuh Jadi Langsing, Mau?

  • Nyaman dan mampu menyerap keringat.

Selain berpori dan sejuk, pakaian yoga yang Anda pilih juga harus memiliki daya serap keringat yang baik sehingga nyaman dikenakan. Seperti kebanyakan aktivitas fisik lainnya, melakukan olahraga yoga juga dapat menghasilkan pembakaran kalori yang cukup banyak sehingga memilih pakaian yang efektif menyerap keringat menjadi salah satu kriteria utama yang wajib diperhatikan. Walaupun gerakan yoga terlihat sederhana, namun tenaga yang keluar dan keringat yang dihasilkan cukup banyak sehingga daya serap baju yang dipakai amat menentukan kenyamanan aktivitas.

Itulah berbagai macam kriteria baju yoga yang cocok dan nyaman dipakai untuk mendukung berbagai gerakan yoga yang Anda lakukan. Apabila baju yang dipilih adalah baju yang teksturnya elastis, ukurannya pas, berpori dan memiliki daya serap yang baik, maka kegiatan yoga akan semakin menyenangkan. Semua gerakan bisa dilakukan dengan baik dan sempurna sehingga aktivitas olahraga membuahkan hasil untuk menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan kesehatan berkat pemakaian baju khusus yoga yang dipilih dengan benar dan tepat. Apalagi jika baju untuk yoga Anda

Be Sociable, Share!

Leave a Reply