Lari Telanjang Kaki, Olahraga Anak yang Ramah dan Murah

Lari Telanjang Kaki, Olahraga Anak yang Ramah dan Murah

Lari menjadi salah satu olahraga yang paling murah yang dapat dilakukan setiap harinya. Anda tidak perlu tempat khusus untuk dapat berolahraga lari karena Anda dapat melakukannya dimana saja dan kapan saja. Bahkan anda bisa mengajak anak Anda untuk lari tanpa menggunakan alas kaki. Jika dilakukan secara rutin, olahraga anak yang ramah lingkungan dan murah tersebut bisa memberikan sisi positif untuk anak.

 Lari Telanjang Kaki, Olahraga Anak yang Ramah dan Murah

Lari dengan bertelanjang kaki ataupun menggunakan sepatu, memiliki manfaat tersendiri. Jika bertelanjang kaki, kaki Anda akan merasa lebih bebas dan dapat menghasilkan gerakan yang lebih mengaktifkan otot karena bersentuhan langsung dengan tanah sehingga membuat sirkulasi darah ke jantung menjadi lancar. Jika sirkulasi menjadi lancar maka Anda dapat mengurangi stress dan menurunkan tekanan darah. 

Selain itu, manfaat berlari tanpa menggunakan alas kaki menurut filosofi kuno, Chie dapat terserap ke dalam tubuh lebih banyak karena kaki bersentuhan langsung dengan bumi. Tekanan batu di telapak kaki saat Anda menginjak tanah misalnya saat berlari bisa memberikan rangsangan bioelektrik ke tubuh yang berkaitan langsung ke titik syaraf yang ada di telapak kaki. Manfaat lainnya dari olahraga anak yang ramah lingkungan dan murah tersebut yaitu:

  • Mengurangi cidera yang terjadi di pergelangan kaki, lutut dan pinggang.
  • Menguatkan struktur tulang kaki.
  • Mencegah perubahan bentuk kaki.

Walaupun bisa lari di sore hari, namun sebaiknya lakukan lari di pagi hari karena lebih minim polusi. Waktu yang pas untuk lari pagi adalah sekitar pukul 04.00-05.59 dimana suasana masih sepi serta belum banyak kendaraan yang akan membuat lari pagi Anda menjadi lebih berkualitas, walaupun Anda tetap bisa berlari pagi di jam 06.00-09.00. Olahraga yang murah meriah dan bisa dilakukan dimana saja ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda. 

Salah satu manfaat utama dari olahraga anak yang bagus dilakukan di pagi hari tersebut adalah membantu memiliki tulang yang kuat dan sehat. Dengan berlari, Anda akan memperkuat otot tubuh atas dan bawah serta bisa menyehatkan tubuh secara menyeluruh. Karena Anda lari pagi, banyak vitamin D di sinar matahari yang bagus dan bisa terserap tubuh sehingga membuat tulang Anda menjadi lebih kokoh, padat dan sehat. Manfaat lainnya adalah:

  • Menjaga kesehatan kardiovaskular seperti kesehatan jantung sehingga anak bisa lebih aktif beraktivitas dan bereksplorasi.
  • Membantu meringankan gangguan tidur dan meningkatkan kualitas tidur, sehingga anak tidak akan mudah rewel.
  • Membuat agar otot menjadi tidak mudah sakit. Dengan berlari pagi akan membuat tubuh lebih aktif untuk bergerak terutama untuk anak yang memiliki bobot tubuh yang lebih dari normal sehingga mengakibatkan metabolisme tubuh menjadi lebih baik terutama di bagian persendian yang akan lebih baik.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply