Lindungi Diri dengan Olahraga Beladiri Taekwondo dan Dapatkan Manfaat Kesehatannya

Melindungi diri sendiri seolah sudah menjadi tanggung jawab diri pribadi. Pasti akan ada suatu masa dimana ketika Anda mendapatkan ancaman atau kondisi tertentu dan tidak ada orang lain yang dimintai pertolongan sehingga hanya bisa mengandalkan diri sendiri. Dari sinilah pentingnya Anda bisa memiliki kemampuan beladiri. Salah satu beladiri yang banyak dikenal dan banyak peminatnya adalah taekwondo. Ya, seni beladiri dari Korea ini memang banyak disukai karena gerakannya yang bagus dan mampu mempertahankan diri.

Taekwondo sendiri adalah olahraga yang lebih dominan dalam menggunakan kaki dalam gerakannya. Namun tetap saja seni beladiri ini juga tetap menggunakan tangan dengan fokus utama di stamina, keseimbangan hingga kecepatan dan juga fleksibilitas tubuh. Masih banyak lagi seni beladiri terkenal yang juga bisa jadi alternatif latihan jika Anda ingin mengenal beladiri, diantaranya:

  • Kung Fu

Pasti Anda sudah tahu jika olahraga beladiri yang satu ini kerap dimainkan dalam berbagai macam film. Ya, Kung Fu berasal dari China dan memang di China para prajurit militernya memakai Kung Fu sebagai langkah untuk mempertahankan diri. Ternyata banyak sekali cabang dari Kung Fu ini mulai dari Shaolin Do, Wing Chun, Ba Ji Quan, hingga Wudang.

  • Pencak silat

Masyarakat Indonesia pasti sudah mengenal seni beladiri yang satu ini karena lahir di Indonesia. Namun peminat untuk olahraga yang satu ini di seluruh dunia pun juga tak sedikit karena telah dipraktekkan sejak bertahun-tahun yang lalu. Pencak silat sendiri sudah ada sejak tahun 1550 dan merupakan seni beladiri yang menggunakan tangan kosong untuk bisa menjatuhkan musuh. Salah satu perguruan yang terkenal adalah merpati putih dimana melibatkan tenaga dalam untuk bisa menjatuhkan musuh. Teknik pada merpati putih ini juga bahkan banyak digunakan pada TNI dan Kopassus.

Baca juga beberapa olahraga bela diri yang mesti kamu ketahui dan coba, Lihat saja di anekajerseybola.com

  • Karate

Seni beladiri asal Jepang ini juga amat terkenal di seluruh dunia. Terkenal karena kekuatan pada pukulan mematikannya menjadikan karate ini sangat disegani. Kekuatan tangan lebih diperbanyak dalam karate. Kini karate sendiri sudah banyak bercampur dengan seni beladiri yang lainnya. Meski begitu, gerakan murni dari karate tetap bisa ditemukan di beberapa perguruan.

  • Muay thai

Berasal dari negara Thailand, seni beladiri ini banyak sekali peminat. Banyak juga yang menjadikan olahraga ini sebagai langkah untuk menurunkan berat badan karena memberi efek tubuh atletis. Gerakannya cenderung pada sikutan hingga tendangan ke titik tertentu di tubuh untuk melemahkan lawan.

Itulah beberapa seni beladiri yang terkenal dan bisa jadi alternatif olahraga Anda. Taekwondo, kung fu, pencak silat atau apapun, semuanya akan bermanfaat untuk olah tubuh dan bonusnya Anda akan bisa mempertahankan diri.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply