Makanan Sehat untuk Tubuh yang Sehat  

Hidup sehat merupakan hal yang paling penting untuk di junjung saat ini karena banyaknya makanan cepat saji dan makanan yang dijual tidak menggunakan standar higienis tertentu sehingga dapat menyebabkan segala sakit penyakit. Oleh sebab itu sekarang ini sangat diperlukan makanan sehat, makanan ini tidak hanya dibuat dengan higienis tetapi juga cara memasaknya menunjang nutrisi makanan tidak berkurang.

 

Jajanan pinggir jalan yang sangat menggoda membuat banyak orang memilih untuk mengonsumsinya menjadi cemilan, jajanan di pinggir jalan tidak semuanya sehat untuk dikonsumsi. Banyaknya penjual yang tidak menggunakan penutup makanan sehingga makanan langsung berhubungan debu jalanan, tidak membersihkan tempat penyimpanan bumbu makanan tentunya akan membuat bakteri berkembang dan banyak makanan menggunakan minyak yang sama dalam jangka 3 hari lebih, tentunya ini tidak baik bagi kesehatan. Makanan yang sehat sangat disarankan untuk menjamin tubuh yang sehat, beberapa kelebihan mengonsumsi makanan seperti ini adalah:

 

  • Meningkatkan kekebalan tubuh terhadap segala macam penyakit.
  • Membuat tubuh lebih sehat dan bugar serta tubuh terasa lebih segar.
  • Dapat mengurangi berat badan karena mengandung kalori yang rendah.
  • Mencegah penyakit kanker.
  • Mengendalikan tekanan darah pada tubuh.

 

Berdasarkan kelebihan-kelebihan mengonsumsi makanan sehat diatas tentunya tidak ada salahnya memperbaiki dan memulai kembali hidup sehat. Mengonsumsi makanan diluar tidak menjadi masalah asalkan bahan yang digunakan terjamin baik dan segar dan pengolahannya tidak mengandung minyak yang banyak, garam dan gula berlebih, tidak memasaknya di tempat yang kotor, memastikan semua bumbu masak terjamin dan jauh dari sentuhan-sentuhan serangga yang dapat menyebabkan sakit. Sekarang ini banyaknya serangga yang hinggap pada makanan dapat menjadi saluran sakit, hal ini sangat perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan. Kesehatan adalah hal yang paling berharga dibandingkan dengan kekayaan saat ini, apabila kesehatan menurun maka semuanya tidak dapat dinikmati dengan baik.

 

Untuk mengonsumsi makanan yang sehat tentu mengolah makanannya juga harus sehat. Makanan yang dimasak dengan menggoreng tidak selalu baik apabila diaplikasikan terlalu sering karena dapat membuat kalori yang dikonsumsi semakin banyak. Adakalanya membuat variasi dalam cara memasak supaya kandungan nutrisi dan vitamin dalam makanan yang dimasak tidak berkurang. Berikut adalah cara memasak yang sehat diantaranya adalah:

 

  • Mengukus.
  • Merebus.
  • Membakar.
  • Air Fryer.
  • Menumis.
  • Memasak dengan menggunakan Microwave.

 

Makanan sehat bagi jiwa yang sehat akan menunjang kondisi tubuh yang sehat. Membiasakan diri memakan makanan yang sehat akan membuat seseorang memiliki umur yang panjang tanpa harus mampir ke rumah sakit dan mengalami berbagai penyakit dalam tubuh. Sebab itu ada banyak cara untuk mendapat makanan sehat, hanya perlu memanfaatkan jaringan internet dan menyediakan waktu untuk mengetahui berbagai pengolahan makanan yang sehat dan mengaplikasikannya dalam keluarga. Hidup sehat dengan makanan yang sehat akan mendukung pola hidup sehat.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply