Manfaat Besar dari Olahraga Pencak Silat untuk Kesehatan

Masyarakat Indonesia tentu tidak asing lagi dengan yang namanya olahraga bela diri pencak silat. Banyak pemuda dunia yang tumbuh dengan rasa seni bela diri yang tinggi, selain itu olahraga satu ini juga dinilai sangat kompetitif. Karena dalam salah satu cabang olahraga ini bukan hanya mengajarkan aktivitas fisik yang bagus dari para pesertanya tetapi juga dapat menanamkan rasa etika ataupun prestasi yang tinggi. Karena setiap ukuran tingkatan yang ditandai dengan warna sabuk yang didapatkan harus bekerja keras dan latihan secara rutin.

Setiap olahraga tentunya mempengaruhi kesehatan yang baik untuk tubuh tidak terkecuali seni bela diri ini. Tapi tahukah Anda bahwa dalam olahraga jenis bela diri ini mengandung banyak manfaat untuk kesehatan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Berikut ini beberapa keuntungan untuk kesehatan, antara lain:

  1. Dalam olahraga ini banyak latihan tinggi aerobik yang digunakan dalam setiap otot di tubuh. Baik stamina, otot, fleksibilitas, keseimbangan dan juga kekuatan semuanya akan secara otomatis meningkat saat Anda melakukan olahraga seni bela diri ini.
  2. Dapat meningkatkan gaya hidup sehat, seperti yang diketahui karena setiap kali latihan akan ada beribu-ribu kalori yang terbakar. Dan secara tidak langsung tubuh Anda akan memberikan sinyal untuk dapat mengatur pola makan lebih baik karena nafsu makan akan lebih teratur.
  3. Akan meningkatkan rasa percaya diri yang lebih tinggi, jadi Anda akan lebih merasa nyaman dalam situasi ataupun kondisi yang tidak memungkinkan sekalipun. Jadi untuk perempuan sangat bermanfaat, apalagi jika sedang berada pada lingkungan yang sangat membahayakan untuk diri sendiri.
  4. Lalu ternyata dengan melakukan olahraga bela diri pencak silat secara rutin dapat meningkatkan kesehatan jantung juga. Hal ini telah dibuktikan secara nyata dari penelitian yang dilakukan oleh salah satu ahli kesehatan.
  5. Untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan olahraga bisa dengan bela diri, karena olahraga tersebut dipercaya mampu menurunkan hingga 500 kalori setiap satu kali latihan atau dalam kurun waktu satu jam.
  6. Menambah masa otot dalam tubuh Anda, jadi jumlah massa yang semakin tinggi tentunya metabolisme juga semakin banyak. Jadi imun tubuh meningkat dan secara langsung akan berefek pada kesehatan setiap harinya. Karena dapat dikatakan Anda akan tidak mudah terserang virus dan juga jarang sakit karena lingkungan.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan olahraga bela diri. Sebenarnya apapun olahraga itu baik yang paling penting melakukan tekniknya secara baik dan tepat. Karena jika Anda melakukan olahraga bela diri pencak silat tanpa adanya teknik yang tepat tentu akan banyak menimbulkan resiko yang berbahaya. Jadi pelajari terlebih dahulu sebelum melakukan hal-hal yang dapat merugikan baik untuk kesehatan ataupun fisik tubuh.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply