Manfaat Celana Zumba dalam Gerakan Senam

Selain baju, yang perlu dipersiapkan dalam pelaksanaan senam zumba adalah celana zumba. Memilih celana untuk zumba haruslah yang nyaman dan sesuai dengan bentuk tubuh karena hal ini berkaitan dengan gerakan senam.

Senam zumba memiliki banyak gerakan yang bisa dipraktekkan, tak hanya dipraktekkan ketika berada di kelas zumba, namun juga bisa dipraktekkan di rumah sendiri dengan mengenakan baju dan celana zumba serta menyetel lagu-lagu latin lewat music player. Berikut ini adalah gerakan-gerakan yang bisa dilakukan dalam senam zumba:

  1. Pemanasan

Dalam zumba, pemanasan bisa dilakukan dengan lari di tempat dengan hitungan 2×8, kemudian gerakkan badan ke kanan dan ke kiri sambil menyilangkan tangan dan kaki, lakukan gerakan dengan hitungan 2×8. Awali gerakan dengan lambat, jika sudah beberapa kali, kecepatan gerak tangan dan kaki bisa ditambah.

  1. Merengue March

Merengue adalah gerakan dasar pertama dalam zumba. Gerakan ini ada dua tahapan, yaitu gerak statis dan gerak dinamis. Merengue merupakan gerakan dasar pembuka sesi latihan zumba. Gerakannya terbagi menjadi 2 tahap, yaitu statis dan juga dinamis. Cara melakukan gerakan ini adalah dengan merentangkan kedua tangan, jika memungkinkan bisa dengan menggenggam dumbell. Tarik tangan kanan ke arah bawah dalam kemudian ayunkan pinggul ke kanan dan ayunkan kaki kiri di tempat. Lakukan hal yang sama dengan tubuh bagian kiri. Gerakan ini dilakukan secara bergantian dengan hitungan 2×8. Meski termasuk gerakan zumba yang mudah, akan tetapi gerakan ini bermanfaat untuk membentuk pinggang serta mengencangkan otot tangan.

  1. Mambo

Gerakan ini dilakukan dengan menekuk secara horizontal kedua tangan di depan dada. Tangan dan pinggul diayunkan sambil membuka kedua kaki. Gerakan selanjutnya adalah menutup kedua kaki namun tangan dan pinggul tetap diayunkan. Ulangi gerakan dengan hitungan 2×8.

  1. Beto Shuffle

Gerakan Beto Shuffle adalah lanjutan dari gerakan merengue. Cara melakukan gerakan ini adalah dengan mengayunkan pinggul dan pinggang ke kanan dan ke kiri. Tangan yang menggenggam dumble atau botol berisi air ¬†diayunkan mengikuti gerakan tubuh. Gerakan ini dapat dilakukan dengan hitungan 2×8. Manfaat dari gerakan ini adalah memperindah bentuk tubuh.

Baca juga: Memilih Baju Zumba Yang Nyaman

  1. Salsa

Salsa adalah gerakan inti dalam zumba. Zumba memang tak bisa dilepaskan dari gerakan tari salsa, hal ini karena zumba berasal dari Amerika Selatan atau Amerika Latin. Gerakan salsa dalam zumba bermanfaat untuk merampingkan pinggang, membuat bahu lebih bidang, serta membuat otot tangan lebih kencang.

  1. Kumbia

Kumbia merupakan dasar gerakan zumba. Gerakan ini bermanfaat untuk merampingkan lengan serta pinggang dan mengencangkan otot bagian perut.

  1. Reggaeton

Tak hanya gerakan latin, gerakan reggae juga bisa menjadi bagian dari gerakan zumba. Gerakan ini dilakukan dengan melangkahkan kaki kanan dan kiri, kemudian dilanjutkan dengan dua langkah kaki kanan diikuti kaki kiri. Selanjutnya, langkahkan kaki kanan ke depan, dengan gerakan tangan secara diagonal seperti mendayung. Lakukan dengan tempo 2×8.

  1. Cooling Down

Cooling Down atau pendinginan dalam zumba tak banyak aturan, cukup jogging di tempat serta atur nafas secara bertahap.

Itulah beragam gerakan yang ada dalam senam zumba, meski mudah dan ringan, tentunya akan lebih nyaman jika menggunakan baju serta celana zumba yang tepat ketika melakukannya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply