Manfaat Lebih Menggunakan Sepatu Lari

manfaat sepatu lari

Banyak orang yang saat melakukan olahraga lari maupun jogging memilih bertelanjang kaki, padahal belum tentu lebih bermanfaat. Menggunakan alas kaki atau sepatu lari secara khusus bisa memberikan manfaat yang lebih baik. Sebagai tujuan dari melakukan olahraga sudah tentu Kita ingin hidup secara sehat, terlebih dengan olahraga lari. Olahraga jenis ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan melatih kekuatan fisik secara optimal.

Ketika ingin sehat dengan segudang manfaat dari olahraga lari, maka sebaiknya tidak mengabaikan alas kaki. Dimana manfaat yang diberikan akan lebih banyak, meliputi:

  1. Melindungi otot kaki,

Saat berlari Kita akan memberikan beban lebih besar kepada otot di bagian kaki, bahkan hampir 5 kali lipat dari total berat tubuh. Memaksa tubuh untuk berpijak pada permukaan yang keras seperti jalan beraspal akan membuat otot mudah tegang. Maka sebagai upaya hidup sehat namun juga melindungi otot kaki Kita perlu menggunakan alas kaki. Terlebih jika memilih sepatu yang memang digunakan untuk kebutuhan olahraga maka manfaat perlindungannya akan optimal.

  1. Mencegah cedera pada kaki,

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa berlari membuat kaki menopang berat badan lima kali lipat. Maka membutuhkan tumpuan yang lebih lunak berupa sepatu lari untuk mencegah benturan yang lebih keras. Jika olahraga lari dilakukan baru beberapa kali maka akan memperbesar dampak cedera, bisa berupa kaki sakit, kaki terkilir, dan sebagainya. Namun dengan alas kaki sewaktu berlari akan membuat pijakan lebih ringan dan juga lebih empuk. Faktor cedera pada otot dan kaki bisa diminimalisir dengan baik sehingga agar bisa melakukan lari seterusnya tanpa ada keluhan.

Baca Juga : Tips Memilih Baju Fitnes

  1. Tidak merubah bentuk kaki,

Berlari atau sekedar berjalan dengan bertelanjang kaki apabila sudah menjadi kebiasaan akan mempengaruhi bentuk fisik kaki. Kaki bisa bertambah lebar dan akan membuatnya nampak aneh dan juga warna kulit kaki akan ikut berubah. Sepatu yang memang didesain untuk olahraga lari bisa melindungi kaki dan kulitnya sekaligus. Selain bentuk kaki akan tetap juga melindungi warna kaki agar tidka mudah terbakar dan berubah warna. Telapak kaki juga tidak akan kapalan sehingga menghindari rasa sakit akibat proses pembentukan lapisan keras tersebut.

  1. Mencegah luka pada kaki,

Berjalan apalagi berlari di jalanan memang terlihat aman, namun jika ditelisik lebih dalam ada sekian bahaya yang mengintai. Sebab jalan raya yang digunakan pejalan kaki maupun pengguna kendaraan tidak akan bersih dari berbagai materi. Semisal batu kerikil yang bisa jadi cukup tajam hingga beberapa paku tua yang berkarat dan bertebaran. Akan menyakitkan jika bukanya tubuh sehat malah kaki terluka oleh partikel-partikel yang tidak sesuai harapan tersebut. Jangan terbiasa mengabaikan penggunaan sepatu lari untuk kesehatan terbaik yang bisa dirasakan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply