Manfaat Melakukan Senam Aerobik Secara Rutin

Berbagai cara dilakukan untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh yang merupakan harta paling berharga bagi manusia. Cara yang paling dianjurkan adalah dengan melakukan olahraga secara rutin sehingga kesehatan bisa dioptimalkan terutama kesehatan jantung dan pembuluh darah. salah satu cara yang menyenangkan untuk berolah raga dan saat ini sudah banyak dilakukan terutama oleh wanita adalah senam aerobik. Senam ini banyak diikuti karena selain manfaat kesehatan yang berguna untuk jantung, juga bisa menghasilkan pembakaran lemak berlebih yang berguna untuk menurunkan berat badan.

Senam yang bertujuan untuk meningkatkan kebugaran ini memiliki manfaat dalam melatih otot gerak, otot jantung dan juga pernafasan. Latihan yang dilakukan adalah gabungan dari peregangan otot, latihan fisik kekuatan, serta kecepatan dan ketahanan. Senam ini biasanya dilakukan oleh banyak orang sekaligus dengan ritme yang bertahap dan dengan durasi tertentu. Dalam satu kali senam, sudah terdapat pemanasan, gerakan inti hingga pendinginan sehingga bisa langsung dilakukan tanpa ada senam awalan atau gerakan pemanasan sendiri.

Dengan melakukan kegiatan senam aerobik secara rutin, banyak manfaat yang bisa didapat baik oleh pria maupun wanita yaitu

  • Melatih kerja jantung.
  • Melatih otot-otot pernafasan.
  • Melatih otot gerak.
  • Meregangkan otot.
  • Melatih daya tahan dan stamina.
  • Membakar lemak sehingga bisa dijadikan cara diet yang maksimal.
  • Membentuk otot tubuh.
  • Mengeluarkan racun tubuh melalui keringat.

Karena banyaknya manfaat dalam melakukan senam ini, kini banyak sanggar senam yang memiliki jadwal untuk melakukan senam ini bersama-sama. Tiap sangat biasanya memiliki instruktur yang memimpin senam dengan gerakan-gerakan tertentu yang diiringi oleh lagu atau musik. Dengan irama yang semakin cepat inilah senam ini akan memberikan manfaat yang maksimal salah satunya adalah membakar lemak tubuh. Jika Anda ingin mengikuti senam cepat ini secara gratis, maka sekarang banyak kegiatan kemasyarakatan yang dilakukan secara swadaya seperti senam massal saat ada event car free day dan sebagainya. Anda bisa mengikutinya secara gratis sekaligus berwisata yang dilakukan seminggu sekali.

Senam aerobik yang memberikan kecepatan, ketangkasan dan ketahanan tubuh sangat baik dilakukan untuk orang dewasa yang menginginkan tubuh mereka sehat sekaligus berisi. Namun sebaiknya bagi mereka yang memiliki usia lanjut ataupun penyakit diabetes tidak melakukan senam jenis ini karena bisa berakibat para gangguan kesehatannya. Pemilihan jenis senam lainnya lebih dianjurkan seperti senam yoga yang lebih mengajarkan ketenangan dalam proses pernafasannya. Penggunaan instruktur juga diperlukan agar memiliki gerakan yang sudah teruji dan tertata dalam sebuah alunan musik yang pas. Dalam senam ini penggunaan musik memang diperlukan untuk membangun ritme dan semangat yang juga penting dalam pembakaran lemak dalam tubuh.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply