Manfaat Muay Thai Untuk Wanita

Muay thai merupakan seni bela diri tangan kosong yang berasal dari Thailand. Muay berasal dari kata mavya’ yang berarti tinju bela diri. Sedangkan Thai adalah nama suku ‘thai’ di Thailand. Muay thai atau biasa disebut dengan Thai boxing ini berkembang sejak 1 abad yang lalu di Thailand, dan menjadi olahraga nasional bangsa thailand. Saat ini Muay thai sangat digemari oleh banyak orang. Kemasan body shapping (pembentukan tubuh) yang diusung oleh Muay thaimenjadikan olahraga ini semakin menarik bagi yang kebanyakan orang, terutama perempuan. Selain dapat menjadikan tubuh wanita lebih berbentu, manfaat lain dari Muay Thai untuk wanita adalah :

  • Menjaga berat badan

Bagi para wanita yang sedang berdiet, selain mengatur pola makan dapat mencoba melakukan olahraga Muay Thai. Olahraga ini dapat membakar lemak dalam tubuh. bagi yang ingin menjaga berat badan tetap ideal disarankan melakukan porsi latihan sebanyak dua kali dalam seminggu. Dengan durasi latihan selama satu jam tiap sesi latihan.

Untuk yag sedang berdiet, berikut ini adalah teknik Muay thai yang perlu anda ketahui :

    • Tendangan – Dalam tendangan ada beberapa istilah gerakan yang dikenal, antara lain : Low kick, middle kick, high kick dan push kick.
    • Sikutan – Sementara dalam gerakan sikutan terdapat istilah-istilah vertical, horizontal, smashing elbow dan upper cut elbow.
    • Dengkulan – Istilah-istilah dalam dengkulan yakni upper cut knee, hook knee dan circle knee.
  • Menjaga kesehatan

Manfaat olahraga Muay Thai cocok bagi semua kalangan bahkan bagi yang usianya sudah tidak muda lagi, namun perlu ada pengurangan gerak dibandingkan peserta yang usianya masih muda. Muay thai dipercaya dapat menekan kolesterol jahat dan menekan darah tinggi.

  • Meningkatkan kekuatan kaki

Olahraga Muay thai sering menggunakan kaki sebagai salah satu teknik bertarung. Gerakan kaki ini dapat memperkuat otot-otot tubuh bagian bawah dan kaki.

  • Membentuk pinggul

Ingin mendapatkan bentuk pinggul yang indah? Dapat diperoleh dengan berolahraga Muay thai. Gerakan pada lutut dan tendangannya dapat membentuk tubuh bagian pinggul.

  • Memperkuat sistem imun tubuh

Manfaat olahraga Muay Thai bagi tubuh dapat meningkatkan kekebalan tubuh. sistem imun tubuh yang lebih kuat dapat membuat tubuh lebih tahan terhadap berbagai penyakit.

  • Tubuh menjadi lebih bersemangat

Latihan Muay thai memang menyebabkan keringat mengucur deras. Namun tidak menyebabkan tubuh tidak menjadi lemas. Muay thai terbukti dapat membuat kadar hormon serotonin melonjak tinggi. Hormon ini yang membuat tubuh berenergi dan lebih bersemangat.

  • Meningkatkan stamina.

Dengan gerakan yang memadukan teknik sapuan kaki, tendangan, lompatan, pukulan, dan teknik siku membuat massa otot kita bertambah. Dengan melakukan olahraga Muay thai secara rutin dapat meningkatkan stamina tubuh.

  • Membuat kulit lebih bercahaya

Gerakan-gerakan yang gesit dalam Muay thai menyebabkan keringat lebih cepat keluar. Racun yang keluar melalui keringat dan metabolisme tubuh menjadi lancar dengan manfaat olahraga Muay thai. Lama-kelamaan dapat membuat kulit lebih sehat dan bercahaya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply