Manfaat Olahraga Air Untuk Kesehatan Tubuh

Menjaga kesehatan merupakan salah satu bagian penting yang harus diperhatikan dengan melakukan berbagai hal. Salah satu caranya adalah berolahraga. Olahraga terdiri dari berbagai macam jenis sehingga Anda dapat melakukannya sesuai dengan bidang apa yang diminati. Salah satu pilihan olahraga yang menyenangkan dan menyehatkan adalah olahraga air. Olahraga jenis ini cukup banyak disukai oleh masyarakat baik berenang maupun menyelam. Terdapat beberapa manfaat bagi tubuh seseorang saat rutin melakukan jenis olahraga ini yang harus diketahui. Mari kita simak penjelasannya sebagai berikut.

Manfaat Olahraga Air Untuk Kesehatan Tubuh

Menjadi Pribadi yang Lebih Tenang

Melakukan olahraga air secara rutin dapat membantu Anda untuk menjadi pribadi yang lebih tenang. Mengapa? Hal ini dikarenakan saat berenang maupun menyelam, Anda diharuskan untuk selalu tenang dalam keadaan apapun. Jika panik maka Anda tidak akan mampu mengontrol keseimbangan tubuh saat di dalam air. Sehingga olahraga ini bisa dijadikan sebagai latihan untuk membiasakan diri menjadi orang yang tenang saat menyelesaikan berbagai permasalahan.

Kebutuhan Vitamin D Terpenuhi

Saat akan melakukan olahraga air sebaiknya Anda mengawalinya dengan berjemur di pagi hari agar terpapar sinar matahari yang mengandung vitamin D. selain itu sinar matahari dapat meningkatkan produksi endorphin pada otak sehingga sistem saraf akan lancar dan sehat. Jika vitamin D terpenuhi dengan cukup maka tubuh Anda juga akan semakin sehat.

Menjauhkan Diri Dari Stres

Olahraga air sangat membantu dalam merelaksasi tubuh dan pikiran. Jika Anda memiliki hobi menarik ini maka Anda termasuk dalam orang-orang yang tidak akan mudah terkena stress. Hal ini dikarenakan saat Anda berenang atau menyelam ke dalam air tentunya diawali dengan tarikan nafas yang dalam dan perlahan sehingga akan memunculkan perasaan santai dan tenang. Selain itu dengan keindahan pemandangan bawah laut akan dapat merelaksasi pikiran Anda.

Kesadaran untuk Lebih Mencintai Alam

Memiliki hobi olahraga air seperti berenang dan khususnya menyelam akan membuat Anda untuk lebih sadar dalam menjaga lingkungan. Hal ini dikarenakan Anda mengetahui betapa indahnya biota laut beserta sekitarnya yang harus dijaga kelestarian dan kebersihannya. Anda akan merasa sangat terganggu jika terdapat banyak sampah di sekitar pantai atau bahkan hingga dibawah laut. Dari kesadaran pribadi tersebut akan memunculkan rasa peduli yang tinggi untuk mengingatkan orang lain untuk bersama-sama dalam menjaga lingkungan sekitar.

Fisik Semakin Kuat dan Terlatih

Menjaga kesehatan fisik merupakan hal penting yang harus dilakukan agar dapat menjalani segala aktivitas dengan lancar. Dengan memilih olahraga air sebagai rutinitas maka manfaat yang didapatkan adalah kondisi fisik yang lebih kuat dan terlatih. Hal ini dikarenakan saat Anda berenang ataupun menyelam maka seluruh otot dalam tubuh akan dipaksa untuk melawan tekanan air sehingga fungsi otot dapat bekerja secara maksimal.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply