Manfaat Olahraga Bulu Tangkis yang Akan Memacu Semangat Anda

Menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh tidak hanya dengan menerapkan pola makan yang teratur serta menjalankan pola hidup sehat saja. Olahraga juga merupakan salah satu langkah yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tubuh yang segar dan senantiasa sehat. Banyak sekali jenis olahraga yang bisa kita jalankan, mulai dari jogging, lari, sepak bola, senam, yoga, philates, dll. Diantara banyaknya jenis olahraga yang dijalankan, pernahkah Anda mencoba menjalani olahraga bulutangkis?.

 Manfaat Olahraga Bulu Tangkis yang Akan Memacu Semangat Anda

Olahraga yang menggunakan alat bantu raket dan kok ini merupakan salah satu olahraga yang populer di Indonesia. Untuk menjalankan olahraga yang satu ini terbilang tidak membutuhkan banyak budget yang harus dikeluarkan, cukup dengan menyediakan dana secukupnya saja untuk membeli raket dan kok untuk bermain. Olahraga yang berkembang sejak 2000 tahun lalu di Mesir ini juga tidak memerlukan lapangan khusus untuk memainkannya, cukup di lakukan di halaman depan rumah saja sudah bisa dilakukan. Namun tentunya Anda harus mempunyai partner bermain untuk melakukannya, baik dengan anggota keluarga maupun teman. Jika Anda tidak mempunyai banyak waktu untuk pergi ke gym namun ingin tetap aktif bergerak, olahraga satu ini tentu sangat tepat untuk Anda.

Mungkin Anda belum tertarik sepenuhnya dengan olahraga bulutangkis jika tidak mengetahui beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh. Untuk itu langsung saja kita simak beberapa manfaat dari olahraga satu ini, diantaranya adalah:

  • Meningkatkan kebugaran dan menurunkan berat badan.

Salah satu manfaat yang akan Anda peroleh adalah tubuh yang bugar dan tentu saja sehat. Namun ternyata ada manfaat lainnya juga bisa diperoleh, yaitu bisa menurunkan berat badan. Olahraga yang satu ini memang salah satu olahraga kardio, yaitu olahraga yang berfungsi untuk melatih kekuatan otot jantung. Metabolisme tubuh yang baik karena aktivitas olahraga yang satu ini akan membantu sel tubuh dalam membakar lemak selama berolahraga dan seterusnya saat beristirahat. Kalori yang bisa dibakar dari olahraga ini bisa mencapai 450 kalori per jam.

  • Meningkatkan fungsi kognitif otak.

Olahraga yang satu ini juga merupakan salah satu jenis olahraga otak karena volume aliran darah yang meningkat pesat dari jantung ke otak selama aktif bergerak bisa meningkatkan kerja saraf serta meningkatkan massa otak.

  • Menguatkan otot dan persendian tubuh.

Untuk melakukan olahraga ini memerlukan pergerakan hampir seluruh anggota tubuh. Sehingga bagian otot betis, paha, pinggul, panggul yang digunakan saat melompat maupun bergerak kesana kemari akan lebih kuat. Otot dan persendian yang kuat dan fleksibel akan mencegah Anda dari resiko cedera saat beraktivitas maupun berolahraga.

  • Mengurangi stress.

Selain bermanfaat untuk kebugaran tubuh, juga sangat baik untuk kesehatan mental. Saat berolahraga, otak akan melepaskan hormon banyak hormon seperti endorfin, dopamin, serotonin, serta triptofan untuk menggantikan hormon epineprin dan kortisol yang merupakan jenis hormon pemicu stress.

Baca juga beberapa harga raket bulutangkis yang mesti kamu ketahui. Simak selengkapnya di tokolahraga.com

  • Mencegah dari sejumlah penyakit.

Olahraga bulutangkis sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk menghindari tubuh dari resiko penyakit jantung, osteoporosis, darah tinggi, kolesterol, diabetes, dlsb.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply