Manfaat Olahraga Sepak Takraw Untuk Kesehatan

Anda mungkin tidak akan berpikir bahwa sepak takraw, dengan tendangan gravitasi-defying dan gerakan akrobatiknya, cocok untuk Anda. Pemain professional  Sepak takraw Mohmed Elhazeeq Ul Haq mengatakan itu sebenarnya tidak terlalu sulit untuk menjadi pemain dari olahraga ini. “Ini adalah olahraga yang menyenangkan yang saya akan merekomendasikan setiap orang untuk mencoba,” kata Mohmed Elhazeeq, 27, yang sedang belajar di ilmu kriminologi dan keamanan di Singapore Institute of Technology (SIT).

Permainan ini seperti bermain voli dengan setiap bagian dari tubuh Anda, kecuali lengan dan tangan. Pemain sepak takraw nasional Mohmed Elhazeeq Ul Haq memainkan peran tekong, atau server.  “Para pemain diperbolehkan untuk menggunakan kaki mereka, lutut, dada dan kepala menyentuh bola rotan,” katanya.

Hal ini dimainkan di lapangan keras mirip dengan lapangan bulu tangkis. Setiap tim terdiri dari tiga pemain – tekong (server), pengumpan (orang yang menetapkan bola untuk striker) dan striker (orang yang melakukan akrobatik membalik dan trik untuk spike bola untuk titik), Setiap tim bertujuan untuk mencetak gol dengan menendang bola ke pengadilan lawan.

Saat ini, Thailand menempati peringkat pertama di dunia dalam cabang olahraga sepak takraw, diikuti oleh Korea Selatan. Tim Singapura memenangkan perak dan tujuh medali perunggu di SEA Games terbaru. Thailand meraih dua medali emas.

Baca Juga: Artikel Mengenai Sepak Takraw

Seperti olahraga apapun, bermain sepak takraw yang bermanfaat untuk kesehatan juga. Ini adalah olahraga aerobik yang menyegarkan dan membantu untuk meningkatkan setiap pemainnya dalam menjaga kardiovaskular kebugaran dan koordinasi fisik,  Manfaat kesehatan juga mencakup peningkatan kekuatan, stamina dan daya tahan.

Bermain sepak takraw memungkinkan pemain untuk memperoleh keterampilan akrobatik dan fleksibilitas ekstremitas bawah – agak mirip dengan seni bela diri. Pemain akan belajar untuk melakukan jungkir balik dan tendangan overhead yang dengan presisi dan kekuasaan untuk memberikan bola rotan ke lawan.

Gerakan-gerakan dalam olahraga ini juga memerlukan tindakan otot yang kuat, terutama dari otot-otot yang mengontrol kembali, pinggul, lutut dan pergelangan kaki sendi. Pemain juga akan melayani bola dengan melakukan split dan memutar gerakan pinggul mendukung untuk membawa kaki bawah untuk melayani bola. Tindakan ini memerlukan substansial fleksibilitas ekstremitas ke bawah, koordinasi tubuh dan keseimbangan sangat diperlukan dalam mengatur bola datang. Striker di sepak takraw juga sering melompat dan mendarat di punggung dan bokong mereka.

Karena sifatnya sebagai olahraga akrobatik, cedera sangat umum dan wajar. Hal ini sangat normal ketika pemain mendapatkan hamstring, sakit punggung, pergelangan kaki terkilir dan cedera lutut akibat melompat, menendang dan mendarat. Olahraga ini juga bisa mempertahankan fleksibilitas kaki. Oleh karena itu penting untuk mengurangi risiko cedera otot.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply