Manfaat Olahraga Yoga Secara Rutin

manfaat olahraga yoga

Membahas mengenai olahraga yoga maka Kita akan membicarakan suatu jenis olahraga yang kaya akan manfaat bagi pelakunya. Diketahui dengan baik bahwa yoga menjadi kegiatan olahraga yang baik bagi kesehatan fisik maupun mental. Tidak menutup kemungkinan bahwa pelaku rutin kegiatan yoga dapat mengatur kesehatan fisiknya. Sekaligus menjaga kesehatan mental dengan lebih mudah mengelola emosi dan keinginan manusiawi-nya. Kini juga lebih banyak tempat yang membuka pelatihan yoga dan bisa mencoba berbagai manfaat di dalamnya.

Apa Saja Manfaat Yoga?

Sebagai orang awam yang baru kali pertama mengenal istilah yoga, Kita akan beranggapan olahraga ini adalah sebuah kegiatan meditasi. Memang tidak sepenuhnya salah sebab membutuhkan pemusatan pikiran dan sama halnya saat hendak melakukan meditasi. Namun gerakan-gerakan dalam yoga inilah yang membedakannya dari meditasi biasa untuk mengatur emosi. Yoga sendiri memerlukan gerakan yang dilakukan perlahan dan beberapa menit melakukan pergantian posisi. Gerakan-gerakan ini kemudian menciptakan beragam manfaat, seperti:

  1. Menjadikan tubuh lebih fleksibel

Gerakan yoga sering membuat Kita berputar dan menggerakkan anggota badan ke ara tertentu, secara perlahan menjadikan tubuh lebih lentur. Beberapa pegiat olahraga yoga mengaku membutuhkan latihan beberapa kali untuk mencapai kelenturan tubuh. Namun ketika dilakukan secara rutin maka tanpa disadari tubuh akan lentur dengan sendirinya. Kelenturan ini akan menjadikan persendian di setiap bagian tubuh terhindar dari rasa nyeri. Pelakunya juga kebanyakan mengaku terhindar dari berbagai masalah nyeri pada bagian-bagian tubuh lainnya. Sehingga menjadi lebih leluasa untuk melakukan kegiatan rutin yang selama ini disukai.

  1. Tubuh pun menjadi lebih kuat

Setiap gerakan yoga juga membantu pelakunya untuk memusatkan berat tubuh pada titik tubuh tertentu. Beberapa melakukan gerakan yang menjadikan berat tubuh ditopang oleh satu kaki, telapak tangan, lengan tangan, dan sebagainya. Meski terdengar menyakitkan, namun karena dilakukan secara perlahan justru membuat otot tubuh beradaptasi. Selama beberapa kali latihan maka tubuh akan terbiasa dan otot pun semakin kuat sehingga mampu menopang berat tubuh secara keseluruhan. Otot yang kuat akan mencegah masalah kesehatan seperti artritis dan keluhan nyeri punggung. Itulah mengapa olahraga ini sangat cocok bagi lansia untuk memperbaiki kualitas hari tuanya.

  1. Memperbaiki bentuk tulang tubuh

Banyak orang seiring bertambahnya usia mengeluhkan nyeri punggung, leher, dan pinggang yang bisa disebabkan karena kebiasaan yang salah. Kepala manusia memiliki berat lebih besar dibandingkan anggota tubuh lainnya. Diperlukan otot punggung yang super kuat untuk menopang kepala tetap dalam kondisi tegak. Tidak heran dengan terbiasa duduk membungkuk, mengangkat beban berat di tas punggung, dan sebagainya. Bisa menjadikan postur tubuh berubah lebih bungkuk, melakukan olahraga yoga ternyata mampu memperbaiki postur yang kurang bagus tersebut.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply