Manfaat Olahraga Yoga Untuk Spritual, Fisik dan Mental

Yoga adalah sebuah filsafat India kuno sudah ada selama ribuan tahun.  Yoga dirancang sebagai jalan untuk pencerahan spiritual, tetapi di zaman modern, aspek olahraga yoga telah menemukan popularitas besarnya, sebagai bentuk olahraga   dan menghilangkan tekanna stres. Ada banyak varietas yang berbeda dari yoga, namun masing-masing pada dasarnya bergantung pada pose terstruktur (asana) berlatih dengan kesadaran napas. Manfaat olahraga ini begitu besar dan berkhasiat cocok untuk semua orang.

Para peneliti telah menemukan bahwa latihan yoga teratur dapat menghasilkan banyak manfaat kesehatan, termasuk peningkatan kebugaran dan normalisasi tekanan darah. Manfaat olahraga Yoga lainnya adalah penangkal  stress. Seiring waktu, praktisi yoga melaporkan tingkat stres yang lebih rendah, dan meningkatkan perasaan kebahagiaan dan kesejahteraan. Hal ini karena berkonsentrasi pada postur dan napas sebagai bentuk meditasi.

Teknik klasik yoga sudah berkembang semenjak 5000 tahun lalu. Latihan dan manfaat olahraga  yoga mendorong kecerdasan, akurasi, ketelitian, komitmen dan dedikasi. Membawa tubuh dan pikiran bersama-sama, dan dibangun di atas tiga elemen utama – latihan, pernapasan dan meditasi.

Latihan yoga dirancang untuk memberikan tekanan pada sistem kelenjar tubuh Anda, meningkatkan efisiensi tubuh Anda dan kesehatan keseluruhan. Teknik pernapasan meningkatkan kontrol napas untuk meningkatkan kesehatan dan fungsi tubuh dan pikiran.

Kedua sistem latihan dan pernapasan mempersiapkan tubuh dan pikiran untuk meditasi, dengan pendekatan pikiran yang tenang yang memungkinkan keheningan dan penyembuhan dari stres sehari-hari. Ketika berlatih secara teratur, yoga dapat menjadi disiplin yang kuat dan canggih untuk mencapai kesejahteraan fisik, mental dan emosional.

Ada banyak varietas yang berbeda dari yoga, masing-masing dengan kemiringan yang sedikit berbeda. Yang paling populer adalah Hatha, Bikram, Iyengar dan Vinyasa yoga.

Setiap postur yoga, atau asana, terkait dengan pernapasan. Umumnya, sesi yoga dimulai dengan asana lembut. Sebuah sesi yoga penuh harus latihan setiap bagian dari tubuh Anda dan harus mencakup pranayama (praktek pengendalian nafas), relaksasi dan meditasi.

Baca Juga:  Yoga Buat Kesehatan

Manfaat olahraga Yoga buat kesehatan:

Praktek yoga asanas mengembangkan kekuatan dan fleksibilitas, sementara menenangkan saraf Anda dan menenangkan pikiran Anda. Asana mempengaruhi otot, sendi dan kulit, dan seluruh tubuh – kelenjar, saraf, organ-organ internal, tulang, respirasi dan otak. Blok bangunan fisik yoga adalah postur dan napas. Meliputi:

A.Sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah) – asana yang isometrik, meningkatkan kebugaran kardiovaskular dan sirkulasi. Studi menunjukkan bahwa latihan yoga teratur dapat membantu menormalkan tekanan darah.

B.sistem pencernaan – sirkulasi darah meningkat dan efek memijat otot sekitarnya mempercepat pencernaan.

C.Sistem saraf – sirkulasi darah membaik, mengurangi ketegangan otot dan tindakan memfokuskan pikiran pada nafas semua bergabung untuk menenangkan sistem saraf.

D.Manfaat jangka panjang termasuk mengurangi stres, kecemasan dan kelelahan,

  • konsentrasi dan tingkat energi yang lebih baik, dan perasaan peningkatan tenang dan kesejahteraan dalam hal spritual.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply