Manfaat Senam Zumba

Zumba berasal dari bahasa Kolombia yang berarti bersenang-senang dan bergerak cepat. Senam Zumba adalah rangkaian gerakan kardiovaskular yang menyenangkan dan mudah diikuti dan diiringi musik. Gerakan aerobik berbasis tarian ini diiringi kombinasi musik Latin dan internasional dengan irama cepat maupun sedang. Gerakan senam Zumba dirancang untuk dilakukan berulang kali dengan menggerakkan sebagian besar otot tubuh sehingga bermanfaat melancarkan peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh dan meningkatkan detak jantung. Berikut ini beberapa manfaat senam Zumba untuk kesehatan kita :

  1. Membakar kalori. Melakukan senam Zumba selama 60 menit dapat membakar sekitar 450 kalori.
  2. Dapat membentuk tubuh yang ideal. Hal ini didapat dari Perpaduan berbagai gerakan, mulai hiphop, cha-cha, salsa, hingga tari perut.
  3. Mengasah pikiran agar lebih tajam. Rangkaian gerakan Zumba membuat orang perlu mengingat tahap demi tahap gerakan tersebut untuk dapat mempraktikkannya. Sehingga dapat mengasah pikiran agar lebih tajam.
  4. Meningkatkan koordinasi antar-anggota tubuh.
  5. Meningkatkan stamina tubuh.
  6. Meningkatkan massa otot dan kepadatan tulang. Gerakan-gerakan Zumba berkonsentrasi dalam membentuk bagian-bagian tubuh yang penting untuk ketahanan tulang belakang, sepertiĀ  otot punggung, bokong, perut, dan kaki bagian atas.
  7. Menurunkan tekanan darah dan kelebihan lemak di tubuh.
  8. Membuat percaya diri, hati senang, dan merasa berenergi.
  9. Zumba selalu dilakukan secara bersama-sama, menjadikan Anda lebih aktif dalam bersosialisasi dan bertemu teman baru.

Selain itu gerakan-gerakan pada Zumba sengaja dirancang untuk tidak menjadi rumit sehingga mudah dipraktikkan oleh berbagai usia, tingkat kebugaran, dan kemampuan. Olahraga ini juga dapat dimodifikasi menjadi lebih ringan sehingga dapat menjadi olahraga low-impact yang bisa dipraktikkan oleh lansia dan pemula. Meski dapat dilakukan oleh sebagian besar orang dari berbagai usia dan tingkat kebugaran tubuh, namun seperti olahraga lain, senam Zumba tetap harus dilakukan dengan tahapan dan cara yang tepat untuk meminimalisasi cedera. Berikut ini beberapa panduan yang dapat diikuti:

  • Sebelum mulai melakukan Zumba, berkonsultasilah kepada dokter, terutama jika Anda memiliki penyakit tertentu. Olahraga ini tidak disarankan untuk ibu hamil karena banyak melibatkan gerakan melompat dan mengubah gerakan dengan cepat.
  • Mengikuti kelas Zumba dengan instruktur yang telah bersertifikasi atau berpengalaman.
  • Sebagai awal, ikuti kelas yang menawarkan gerakan Zumba untuk pemula. Terdapat jenis Aqua Zumba dengan irama yang lebih lambat dan Gold Zumba untuk para lansia.
  • Pastikan ikut melakukan pemanasan sebelum dan pendinginan sesudah Zumba.
  • Kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman untuk bergerak karena Zumba melibatkan banyak gerakan berputar.
  • Hindari dehidrasi dengan mengonsumsi air saat jeda.
  • Hindari mengenakan perhiasan untuk mencegah risiko jatuh, tersangkut, atau tergores.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply