Masih Ingatkah Anda dengan Berbagai Olahraga Tradisional ini?

Masih Ingatkah Anda dengan Berbagai Olahraga Tradisional ini?

Olahraga merupakan suatu kebiasaan yang harus sering dilakukan. Olahraga dapat memberikan banyak manfaat bagi Anda, baik itu dari segi jasmani hingga rohani. Berolahraga secara rutin merupakan suatu hal yang harus terus dilestarikan. Bagi Anda yang waktunya dari selama hampir seminggu digunakan untuk terus bekerja, maka setidaknya di akhir pekan, Anda bisa coba gunakan untuk olahraga. Sejatinya, olahraga bukan merupakan sesuatu yang sulit. Jika Anda tak suka berolahraga yang berat, mungkin bisa mencoba jenis olahraga tradisional yang tidak perlu repot untuk melakukannya. Bisa dibilang berolahraga sambil melestarikan kebudayaan zaman dulu agar tidak punah. Lalu, apa sajakah jenis olahraganya? Berikut ini beberapa jenisnya yang bisa dicoba.

Masih Ingatkah Anda dengan Berbagai Olahraga Tradisional ini?

Pencak Silat

Pencak silat merupakan salah satu olahraga tradisional yang sangat populer di Indonesia. Sebelum menjadi olahraga sepopuler seperti sekarang ini, pencak silat dulunya menjadi salah satu cabang bela diri yang menjadi identitas Indonesia pada masa kerajaan. Pencak silat sukses menjadi olahraga yang populer karena tidak begitu sulit untuk dipelajari dan sangat berguna untuk bisa mempertahankan diri. Namun di zaman modern saat ini, pencak silat menjadi salah satu cabang olahraga bela diri di Indonesia. Pencak silat juga sudah memiliki organisasi induk di Indonesia yaitu Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) dan menjadi cabang olahraga yang rutin dipertandingkan di berbagai ajang olahraga seperti Asian Games dan Sea Games.

Sepak Takraw

Olahraga tradisional lainnya yang juga terkenal adalah sepak takraw. Sepak takraw merupakan olahraga yang mengkombinasikan antara sepakbola dan bola voli. Olahraga yang satu ini juga sering disebut sepak raga. Sama seperti pencak silat, sepak takraw juga menjadi salah satu cabang olahraga yang turut dipertandingkan dalam berbagai ajang olahraga seperti ASEAN Games hingga Sea Games. Indonesia terkenal sebagai salah satu negara kuat di cabang olahraga sepak takraw ini.

Enggrang

Olahraga tradisional enggrang menjadi olahraga yang paling populer di Indonesia. Olahraga yang satu ini berasal dari Jawa dan biasanya sering dipertandingkan saat merayakan hari kemerdekaan oleh masyarakat pedesaan. Olahraga yang menggunakan sepasang bambu panjang berukuran kecil ini memang belum menjadi olahraga yang resmi, namun olahraga ini sangat sederhana dan cukup menyenangkan.

Karapan Sapi

Olahraga tradisional yang satu ini berasal dari Madura dan cukup populer. Olahraga Karapan sapi ini mirip seperti pacuan kuda, hanya saja yang digunakan di sini adalah sapi. Biasanya para pemain harus menempuh jarak sejauh 100 meter dengan menaikan kereta kayu yang ditarik oleh dua ekor sapi. Siapa yang pertama kali melewati garis finish adalah pemenangnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply