Masih Sering Dipercaya, Ini Dia Mitos Olahraga yang Ternyata Tidak Benar

Masih Sering Dipercaya, Ini Dia Mitos Olahraga yang Ternyata Tidak Benar

Setiap kita pastinya sering dianjurkan untuk melakukan olahraga setiap harinya agar tubuh menjadi sehat dan bugar. Dengan melakukannya, memang tubuh kita akan memberikan respon yang positif meski pun tidak langsung dirasakan dan membutuhkan waktu yang lama. Namun, sering kali masyarakat memiliki segudang alasan untuk tidak melakukannya atau tidak tertarik untuk melakukannya karena adanya isu atau mitos olahraga yang kian beredar di kalangan masyarakat Indonesia. Kebenaran mengenai hal tersebut pun sebenarnya masih dipertanyakan serta ada pula yang sudah dinyatakan sebagai mitos belaka atau tidak benar, namun tetap saja masih dipercaya oleh sebagian masyarakatnya. Hal ini tentu saja merugikan bagi diri sendiri karena nyatanya melakukan olahraga secara rutin memang sangat penting. Berikut inilah beberapa mitos yang sering kali dipercaya oleh sebagian besar masyarakat Indonesia dan ternyata hal tersebut tidaklah benar:

 Masih Sering Dipercaya, Ini Dia Mitos Olahraga yang Ternyata Tidak Benar

  • Olahraga Hanya di Pagi Hari

Mitos pertama yang paling sering dipercaya oleh masyarakat Indonesia adalah waktu terbaik untuk melakukan olahraga adalah di pagi hari. Melakukannya di pagi hari memang sangat baik bagi tubuh, namun ternyata olahraga tidak harus dilakukan tiap pagi saja, namun bisa kapan saja. Anda dapat melakukannya kapan pun yang diinginkan, misalnya saja seminggu dua kali sudah termasuk cukup. Jangan jadikan alasan untuk tidak berolahraga karena kegiatan tersebut hanya bisa dilakukan di pagi hari saja.

  • Angkat Beban Merubah Lemak jadi Otot

Sering kali kita memiliki anggapan bahwa melakukan gym yang biasanya identik dengan mengangkat beban berat mampu mengubah lemak yang dimiliki menjadi otot. Hal tersebut pastinya adalah mitos olahraga belaka karena dari sisi fisiologi, lemak dan otot sangatlah berbeda. Dengan latihan angkat beban, lemak yang ada di serat otot menjadi berkurang. Untuk mengurangi lemak, Anda bisa melakukan diet yang sehat dan juga yang teratur. Jadi, lemak tidak dapat berubah menjadi otot.

  • Keringat Merupakan Kalori

Ketika kita melakukan olahraga, pastinya tubuh akan mengeluarkan keringat. Namun sering kali masyarakat Indonesia percaya bahwa keringat merupakan kalori yang ada di dalam tubuh, yang dimana semakin banyak keringat, maka semakin banyak kalori yang dikeluarkan. Sebenarnya, kedua hal ini sangat berbeda. Keringat adalah sebuah reaksi tubuh yang membuang cairan yang memang tidak dibutuhkan tubuh. Jika ingin menghilangkan berat badan, maka Anda bisa mencoba melakukan diet saja.

  • Olahraga Membuat Lelah

Sebagian besar masyarakat Indonesia tidak melakukan olahraga karena dianggap melelahkan. Hal ini tentunya hanya berupa mitos olahraga biasa karena dengan melakukannya, tubuh pun akan memiliki energy yang lebih banyak. Selain itu, olahraga juga membantu Anda lebih cepat tidur ketika malam sehingga saat bangun pun terasa lebih segar. Jika tubuh terasa segar, maka energy pun semakin banyak dan Anda pun dapat beraktivitas dengan lebih nyaman dan aktif.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply