Melakukan Olahraga Berlebihan, Ini Dia Hal yang Akan Anda Langsung Rasakan

Melakukan Olahraga Berlebihan, Ini Dia Hal yang Akan Anda Langsung Rasakan

Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan terlihat bugar, maka setiap orang dianjurkan untuk melakukan olahraga secara teratur. Olahraga merupakan suatu aktivitas berupa fisik, yang dimana biasanya dilakukan dengan cara terstruktur serta terencana dan melibatkan berbagai gerakan tubuh secara berulang-ulang. Melakukannya secara rutin memang sangat baik untuk tubuh, namun jika Anda melakukan olahraga berlebihan, maka hal ini pastinya akan berdampak negatif bagi Anda. Melakukannya secara berlebihan terutama ketika Anda sudah lama tidak berolahraga dan tiba-tiba melakukannya akan membuat berbagai bagian tubuh terasa dampak negatifnya. Berikut inilah beberapa hal yang pastinya akan Anda rasakan secara langsung jika terlalu memforsir diri untuk melakukan olahraga dengan secara tiba-tiba, dalam waktu yang terlalu lama, serta melakukan hal yang diluar batas kemampuan diri:

 Melakukan Olahraga Berlebihan, Ini Dia Hal yang Akan Anda Langsung Rasakan

  • Kelelahan

Ketika Anda berolahraga secara berlebihan, maka dampak yang langsung Anda rasakan pada saat itu juga adalah merasa kelelahan. Hal ini dikarenakan olahraga membuat tenaga terkuras lebih banyak dari biasanya, dan pastinya jika kelelahan maka Anda pun akan merasa lemas. Selain itu, Anda juga bisa merasakan mual dan tidak dapat melanjutkan aktivitas lainnya. Hal ini pastinya sangat menganggu pekerjaan dan aktivitas Anda sehari-hari, oleh karena itu berolahraga lah dengan sewajarnya dan tidak melebihi batas kemampuan Anda.

  • Nyeri Otot

Setelah berolahraga dalam waktu yang cukup lama, maka dampak yang langsung Anda rasakan adalah nyeri otot. Hal tersebut dikarenakan ketika berolahraga, maka semua otot akan bergerak, namun jika digerakkan secara berlebihan, maka akan menimbulkan rasa nyeri. Selain otot, tulang, sendi dan juga beberapa bagian tubuh lain dapat merasakan nyeri tersebut atau bahkan mengalami cedera jika memaksa untuk olahraga berlebihan. Jika Anda ingin mencoba olahraga yang menyehatkan namun tidak membuat nyeri, maka Anda bisa memilih olahraga angkat beban atau pun cardio yang bisa dilakukan dimana pun dan kapan pun.

  • Sakit Punggung

Biasanya, ketika melakukan olahraga pastinya semua anggota tubuh juga ikut bergerak. Jika Anda memilih jenis olahraga yang memusatkan pada punggung, maka jika dilakukan berlebihan akan menimbulkan sakit pada bagian tersebut. Misalnya olahraga tersebut adalah sit up, angkat beban, dan lain sebagainya. Lebih baik untuk melakukan olahraga tersebut dalam waktu yang sewajarnya, serta tidak memaksakan diri jika sudah terasa lelah dan tidak kuat lagi.

  • Susah Tidur

Dampak buruk terakhir dari olahraga berlebihan yang dapat dirasakan secara langsung sehabis melakukannya adalah Anda pasti akan merasa kesulitan untuk tidur. Hal ini dikarenakan olahraga yang berlebihan dapat membuat tubuh memproduksi kortisol yang juga berlebihan dan membuatnya merasa stress, sehingga membuat kita mengalami insomnia. Selain itu, pastinya tubuh pun akan sulit untuk merasa rileks jika sudah melakukan hal tersebut diluar batas kemampuan Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply