Memakai Matras Yoga Ternyata Menawarkan 4 Manfaat Ini!

Memakai Matras Yoga Ternyata Menawarkan 4 Manfaat Ini!

Olahraga yoga dan juga pilates memang akan memerlukan matras yoga sebagai salah satu perlengkapan yang wajib digunakan. Matras ini berbentuk seperti karpet dengan ukuran kecil yang cukup untuk berbaring satu orang dewasa di atasnya. Biasanya didesain dengan warna yang menarik dan segar sebab kegiatan olahraga memang baiknya dimulai dengan perasaan bahagia. Namun fungsi atau manfaat dari matras ini bukan sekedar sebagai pemanis dan membantu memperbaiki mood Anda setiap kali melakukan yoga maupun pilates.

Memakai Matras Yoga Ternyata Menawarkan 4 Manfaat Ini!

Manfaat Memakai Matras Saat Yoga Ataupun Pilates

Akan tetapi lebih daripada itu, pasalnya pemakaian matras selama menikmati olahraga jenis ini ada banyak dan berikut beberapa diantaranya:

  • Membuat pijakan kaki lebih kuat,

Fungsi atau manfaat utama dari penggunaan matras selama beryoga adalah untuk traksi, yakni memastikan kaki mendapatkan tumpuan yang tepat. Sehingga kaki menjadi lebih kuat dan bisa berdiri maupun mengatur posisi yoga dengan baik. Anda pun bisa semakin mudah mengikuti gerakan yang diarahkan oleh instruktur, sehingga bisa lebih percaya diri dan semangat untuk melakukan yoga berikutnya.

  • Membantu menghangatkan kaki selama olahraga,

Olahraga seperti yoga dan juga pilates biasanya dilakukan di dalam ruangan yang sengaja diatur memiliki suhu yang sejuk. Bisa karena menyalakan AC di studio yoga ataupun berada di ruangan yang ventilasinya bagus dan lingkungan sekitarnya banyak ditumbuhi tanaman serta ada elemen air. Misal berupa kolam ikan sehingga memberi sensasi sejuk, hanya saja kondisi ini bisa membuat tubuh kedinginan. Maka matras yoga bisa membantu mendapatkan kehangatan karena kaki dan tubuh tidak bersentuhan langsung dengan lantai yang dingin.

  • Meningkatkan kenyamanan tubuh,

Manfaat menarik dari matras ini adalah menjadi bantalan Anda ketika melakukan yoga maupun pilates. Sehingga punya manfaat sebagai pembatas antara tubuh Anda dengan lantai, yang tentu ketika memakainya bisa memberikan rasa nyaman secara maksimal. Mengapa? Sebab selain menjaga suhu tubuh tetap hangat Anda pun tidak perlu merasakan kerasnya lantai. Sebab matras dibuat dari bahan yang empuk namun tetap tipis untuk menjaga tubuh supaya bisa berdiri seimbang. Kenyamanan ini tentu sangatlah penting karena bisa membuat kegiatan yoga terasa menyenangkan.

  • Meningkatkan dan menjaga keseimbangan,

Karena matras ini berfungsi sebagai bantalan maka ketika melakukan gerakan yoga dan pilates jenis apapun Anda tidak akan mengalami kesulitan. Matras ini didesain dengan keunikan tersendiri, yakni dimulai dari materialnya yang cenderung empuk. Sehingga membuat pijakan kaki Anda terasa lebih nyaman dan menghindari resiko tumit, engsel, maupun paha terasa sakit setelah melakukan yoga. Anda pun bisa dengan mudah berdiri dengan satu kaki atau lainnya karena matras yoga membantu Anda menyeimbangkan posisi tubuh.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply