Memilih Baju Zumba yang Nyaman

Zumba merupakan tarian yang kini berkembang menjadi olahraga yang digemari oleh kaum hawa. Olahraga yang merupakan kombinasi antara gerakan fitness dan gerakan dansa ini diyakini dapat membakar ribuan kalori dalam tubuh kita. Wajar jika olahraga ini digemari oleh kalangan kaum hawa, terutama bagi mereka yang ingin menjaga bentuk tubuhnya agar tetap ramping. Namun, upaya mereka untuk menjaga tubuhnya agar sehat dan langsing terkadang justru menjadi blunder karena pemilihan baju zumba yang salah.

Memilih baju yang salah untuk digunakan ketika melakukan olahraga yang mengharuskan kita banyak bergerak seperti zumba akan membuat otot tubuh kita terutama di sekitar persendian akan mudah keseleo. Untuk itu, memilih baju dan celana yang tepat untuk digunakan ketika zumba sangatlah penting. Sebab sudah menjadi gejala umum dan banyak sekali di kalangan ibu-ibu yang ketika akan melakukan zumba hanya memakai kaos dan celana yang biasa dipakai sehari-hari, bukan baju dan celana khusus untuk zumba.

Jika kita akan melakukan olahraga zumba, disarankan untuk memakai pakaian kaos yang berlengan pendek, bahkan kalau bisa menggunakan kaos tanpa lengan, agar pergerakan kita bisa luwes. Memakai baju zumba berlengan panjang juga akan membuat tubuh kita gampang gerah. Imbasnya, kita tidak akan nyaman lagi mengikuti gerakan-gerakan zumba, padahal gerakan-gerakan zumba sengaja dirancang agar kita dapat berolahraga dengan senang dan nyaman.

Selain kaos berlengan panjang, hindari juga memakai kaos dengan belahan dada rendah, ini khusus untuk ibu-ibu. Banyak sekali gerakan zumba yang mengharuskan kita untuk melompat, memantul, dan gerakan-gerakan lain yang akan membuat bagian dada berguncang. Jika memang terpaksa harus memakai kaos dengan belahan dada rendah, siasatilah dengan memakai spot bra yang pas, tidak terlalu longgar dan tidak terlalu ketat.

Jenis bahan yang disarankan ketika memilih kaos zumba adalah kain dengan jenis supplex¸yaitu bahan kain yang sangat lembut dan seringan kapas ketika dipakai. Dengan memakai celana yang longgar dan ringan, pergerakan kita ketika sedang berzumba akan nyaman.

Baca Juga: Olahraga Zumba Buat Tubuh Jadi Langsing, Mau?

Jangan pernah memakai kaos berbahan dasar katun. Bahan katun memang sering digunakan sebagai bahan dasar pakaian olahraga, sebab karena kemampuannya dalam menyerap keringat. Namun, untuk olahraga yang gerakannya sangat aktif seperti zumba, kaos berbahan katun sangat tidak disarankan. Keringat berlebih yang kita keluarkan ketika sedang berzumba akan tertahan cukup lama oleh kaos yang kita kenakan. Imbasnya, kita akan memakai baju yang basah kuyup. Keringat yang ditampung oleh kaos katun kita bahkan akan menetes kemana-mana setiap kita bergerak.

Berolahraga zumba memang menyenangkan dan menyehatkan. Selain gerakan-gerakannya yang mudah dan membuat badan kita tambah luwes, menari zumba akan seluruh bagian tubuh kita ikut aktif. Namun jangan sampai niatan untuk menjadi sehat dan senang dengan menari zumba ini menjadi bumerang jika kita memilih baju zumba yang salah. Bijaklah dalam memilih pakaian olahraga agar kita mendapatkan manfaat sebagaimana yang kita harapakan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply