Memilih Jenis Olahraga yang Sesuai dengan Pribadi Anda

Memilih Jenis Olahraga yang Sesuai dengan Pribadi Anda

Untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat, Anda bisa berolahraga secara rutin. Mengingat olahraga memiliki beragam manfaat, namun terlebih dahulu sebaiknya Anda memutuskan jenis olahraga yang ingin Anda lakukan sesuai tujuan dan manfaatnya. Anda juga membuat jadwal berolahraga agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut beberapa tips yang bisa Anda jalankan.

Memilih Jenis Olahraga yang Sesuai dengan Pribadi Anda

Tulis Tujuan Berolahraga Anda

Saat Anda akan berolahraga, pastikan dahulu fokus Anda yaitu apakah untuk kebugaran saja, membentuk otot, pemulihan cidera atau untuk berdiet serta alasan lain yang mungkin Anda lakukan dengan berolahraga. Misalnya ketika Anda merasa mudah lelah cobalah untuk berolahraga ringan seperti naik turun tangga dan lebih intensif lagi menjalani kegiatan seperti berlari, berenang, dan bersepeda. Beberapa jenis olahraga tersebut akan bisa membantu kinerja jantung, sehingga bisa berpacu lebih cepat dalam memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

Cobalah Berolahraga Dimulai dari Hal yang Disukai

Jenis olahraga yang sebaiknya Anda pilih adalah dari hal-hal yang Anda sukai. Karena jika Anda tidak menyukainya, kemungkinan Anda akan berhenti setelah sesaat menjalankan olahraga tersebut. Dampaknya Anda tidak bisa mencapai tujuan yang telah diputuskan sebelumnya. Untuk itu, Anda bisa memulai dari hal-hal yang Anda sukai di masa lampau.

Waktu Olahraga Perlu Dipertimbangkan

Waktu menjadi faktor utama yang juga harus Anda pertimbangkan. Apalagi jika Anda merupakan orang yang sibuk. Jangan lupa juga untuk mempertimbangkan durasi waktu saat Anda berolahraga. Anda bisa menyesuaikan jadwal longgar Anda untuk berolahraga dan pastikan di lokasi yang mudah Anda jangkau agar tidak menghabiskan waktu saat di perjalanan. Hal ini agar Anda bisa konsisten dalam berolahraga dan bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Olahraga Mandiri maupun Bersama Teman, Motivasi yang Paling Utama

Jenis olahraga yang Anda pilih bisa berhasil jika Anda memiliki motivasi untuk melakukannya. Jika Anda mampu menjalaninya sendiri dan konsisten, cobalah untuk disiplin pada diri sendiri. Namun jika Anda bukanlah orang yang konsisten sebaiknya Anda mengajak teman untuk berolahraga bersama-sama. Tentunya pilihlah teman yang juga memiliki motivasi sama seperti Anda. Apabila Anda berolahraga dengan satu atau dua teman cobalah untuk menjalankannya di rumah seperti senam melalui video atau apabila ingin memiliki teman baru dengan orang yang lebih banyak Anda bisa pergi ke gym atau sejenisnya.

Pertimbangan Lain ketika Memutuskan Berolahraga

Saat Anda memutuskan jenis olahraga untuk ditekuni, pastikan Anda juga realistis terhadap beban latihan. Sebaiknya Anda menyesuaikannya dengan kemampuan yang dimiliki yakni mulai beban yang ringan hingga lebih meningkat agar tubuh Anda siap. Anda juga bisa menyesuaikannya dengan kondisi lingkungan atau cuaca. Selain itu, Anda bisa memilih beberapa alternatif olahraga agar tidak bosan saat menjalankannya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply