Mengenal Jenis-jenis Latihan Fitness dan Manfaatnya

Sebagian besar diantara masyarakat lebih senang melakukan diet dengan mengurangi porsi makan dibandingkan dengan olahraga. Padahal sebenarnya diet paling efektif adalah dengan melakukan banyak aktivitas yaitu olahraga ini, dengan banyak bergerak maka tubuh akan membakar kalori lebih banyak dibandingkan hanya dengan mengurangi porsi makan tanpa diimbangi olahraga. Tak perlu jenis olahraga yang berat, bisa dilakukan dari olahraga yang ringan-ringan saja, termasuk diantaranya adalah ikut kegiatan fitness.

Lebih dianjurkan bagi pemula memang untuk mengikuti latihan intensif di tempat Gym, hal ini disebabkan karena ada seorang instruktur yang bertugas untuk memberikan pelatihan secara intensif, sehingga hasilnya nanti bisa lebih optimal. Setelah mulai terbiasa maka bisa dilakukan dengan olahraga sendiri. Fitness ini sendiri sebenarnya memiliki banyak sekali bentuk-bentuk latihan, berikut ini yang wajib diketahui oleh pemula, diantaranya adalah:

  1. Latihan daya tahan, jenis latihan yang satu ini biasanya ditujukan tak hanya untuk membakar kalori saja, lebih dari itu juga dipakai untuk menjaga kesehatan organ-organ dalam tubuh, atau diantaranya adalah daya tahan jantung, organ paling vital yang memiliki fungsi dalam memompa darah. Jenis latihan semacam ini sangat banyak, salah satu yang paling banyak dipilih oleh masyarakat adalah senam aerobik.
  2. Latihan kekuatan, lebih menekankan pada pembentukan otot atau massa tubuh, biasanya untuk mereka yang ingin meningkatkan berat badan, namun secara sehat, atau mereka yang ingin membentuk otot-otot tubuh menjadi lebih sempurna dan kekar. Bisa dilakukan dalam beberapa jenis latihan, salah satunya adalah dengan angkat beban.
  3. Latihan keseimbangan, kenyataannya bukan hanya wanita saja, banyak diantara pria yang juga mengikuti program latihan yang satu ini, biasanya dilakukan dengan beberapa jenis atau cara salah satunya adalah body balance.
  4. Latihan kelenturan, tak membutuhkan terlalu banyak gerakan, hanya saja dalam setiap gerakannya memang mengharuskan untuk kerja keras dalam meningkatkan fleksibilitas. Jenisnya sangat banyak, diantaranya adalah yoga dan juga pilates.
  5. Circuit training, sangat cocok bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan secara cepat, karena bentuk latihan yang satu ini memang memiliki fungsi untuk membakar lemak atau kalori dalam jumlah yang tinggi dalam prosesnya. Contohnya adalah dengan melakukan squate dan juga bench press. Tentunya dilakukan dalam jumlah yang besar dan secara langsung.
  6. Isometric, bentuk latihan ini dilakukan dengan mengangkat beban berat, biasanya dilakukan oleh mereka yang memiliki target tertentu dalam bidang olahraga, contohnya adalah atlet angkat besi.

Ada banyak pilihan jenis fitness yang bisa dilakukan, namun bagi yang masih pemula biasanya akan lebih dianjurkan untuk mengikuti bentuk latihan daya tahan dan juga kekuatan saja. Baru setelah beberapa bulan dan dapatkan hasil nantinya akan masuk ke bagian lainnya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply