Mengenal Lebih dalam Seputar Ciri dari Sepeda Gunung

Siapa yang tak kenal dengan olahraga ekstrim yang satu ini, olahraga yang dapat memicu tingkat adrenalin dari para pelakunya ini, memang melibatkan medan yang sulit serta perlengkapan khusus untuk melakukannya. Salah satu perlengkapan yang digunakan untuk melakukan jenis olahraga ekstrim yang satu ini adalah sepeda gunung. Sepeda yang mulai dikenal pada tahun 1970an dan banyak digunakan oleh para pesepeda di Sna Fransisco ini, memang memiliki tingkat kekuatan yang lebih jika dibanding dengan jenis sepeda lainnya. Tidak hanya handal untuk digunakan dalam melalui medan terjal, sepeda ini pun memiliki tingkat suspensi yang mampu membuat nyaman para penggunanya.

Seiring dengan perkembangan waktu, sepeda tersebut tidak hanya digunakan untuk melakukan kegiatan olahraga ekstrim saja, bahkan sepeda tersebut kini juga banyak digunakan oleh para anak dan orang dewasa sebagai sarana dalam melakukan kegiatan bersepeda diberbagai medan. Sepeda yang juga dikenal dengan sebutan mountain bike ini, memiliki perbedaan yang cukup signifikan dengan sepeda lainnya, dimana perbedaan tersebut menjadi ciri khusus dari mountain bike tersebut.

Berikut ini beberapa ciri utama dari sepeda gunung, yang bisa Anda temukan dalam sepeda tersebut, yang antara lain adalah:

  • Kerangka sepeda terbuat dari baja, alumunium dan bahan komposit karbon sehingga memiliki berat yang ringan.
  • Memiliki bagian shockbreaker, yang difungsikan untuk meredam goncangan ketika melewati medan yang tidak rata.
  • Ban yang digunakan lebih tebal dan dikenal mampu memiliki cengkeraman yang lebih kuat di tanah.
  • Terdiri dari 18 sampai 30 gear, dimana gear ini dapat digunakan untuk mengatur kecepatan dan berat kayuhan dari para pengguna sepeda tersebut.
  • Memiliki bagian sedel yang didesain khusus untuk memenuhi kenyamanan para penggunanya ketika menunggangi jenis sepeda ini. Sedel sepeda pada umumnya memiliki bentuk yang lebih kecil didepan.

 Baca Juga: Menikmati Olahraga Sepeda Gunung Rupanya Dan Beragam Manfaatnya

Untuk menggunakan jenis mountain bike ini, biasanya para penggunanya akan disarankan untuk mengenakan peralatan dan perlengkapan keamanan seperti helm, sepatu dan baju khusus untuk bersepeda. Namun baju yang dikenakan untuk jenis mountain bike ini, akan berbeda bentuk dan ukuran dengan baju bersepeda lainnya. Pada umumnya baju bersepeda ini memiliki ukuran yang lebih longgar, dengan model celana seperti celana pendek yang biasa dikenakan oleh laki-laki.

Untuk mendapatkan jenis sepeda gunung ini, Anda dapat membelinya secara langsung diberbagai toko sepeda yang ada di wilayah domisili Anda, atau pun secara online. Untuk mendapatkan kualitas terbaik dari jenis sepeda tersebut, lebih disarankan bagi Anda untuk membelinya di toko-toko sepeda terpercaya, yang memiliki tingkat kredibilitas tinggi. Pada umumnya toko yang menjadi kepercayaan banyak pembeli, akan memberikan barang dengan kualitas yang tinggi, serta harga yang tidak terlalu tinggi.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply