Mengenal Lebih dalam Tentang Teknik Permainan Bola Voli

Mengenal Lebih dalam Tentang Teknik Permainan Bola Voli

Voli merupakan salah satu cabang olahraga yang dikenal dengan permainan bola tangan didalamnya. Voli ini sendiri terbagi dalam 2 jenis permainan yaitu voli indoor dan voli pantai. Yang membedakan kedua permainan voli tersebut adalah lapangan ataupun tempat permainan serta jumlah pemain yang terlibat didalamnya. Jika dalam permainan indoor, voli dimainkan dalam lapangan tertutup, maka akan berbeda dengan voli pantai dimana sesuai dengan namanya permainan ini biasanya akan dimainkan di daerah pinggir pantai yang berpasir. Untuk jumlah pemain pun akan berbeda, dimana voli indoor memiliki jumlah 6 pemain untuk setiap regunya, sedangkan voli pantai memiliki jumlah pemain 3 orang untuk setiap timnya. Sedangkan teknik permainan dari kedua jenis bola voli tersebut memiliki kesamaan. Adapun teknik tersebut akan dijabarkan pada ulasan dibawah ini.

 Mengenal Lebih dalam Tentang Teknik Permainan Bola Voli

  • Service

Service merupakan teknik dasar yang digunakan oleh pemain voli untuk mengawali sebuah permainan. Teknik ini dilakukan dengan cara memukul bola dengan menggunakan bagian dalam tangan. Pukulan service biasanya akan dilakukan dari garis belakang lapangan dengan arah melambung diatas net, hingga bola memasuki lapangan lawan. Dalam teknik service ini sendiri dikenal 4 teknik pemukulan bola, yang antara lain adalah:

  • Service bawah.
  • Service floating ataupun mengapung.
  • Service overhand round house.
  • Service jumping.
  • Passing

Teknik ini merupakan gerakan dasar yang digunakan oleh para pemain untuk menahan datangnya bola dari hasil pukulan service pemain lawan. Gerakan yang satu ini biasanya akan lebih banyak dilakukan oleh para pemain bola voli dengan menggunakan kedua telapak tangan, yang dibentuk curva sebagai penahan bola. Gerakan passing ini sendiri terbagi atas 2 macam, yaitu:

  • Passing atas yang lebih banyak digunakan untuk mengumpan pemain satu tim ketika hendak melakukan smash.
  • Passing bawah lebih banyak digunakan untuk menerima bola hasil smash dari para pemain lawan.
  • Blocking

Teknik dasar ini merupakan teknik yang digunakan untuk menahan bola smash yang diluncurkan oleh lawan. Teknik ini biasanya banyak dilakukan secara berkelompok dengan anggota satu tim, dimana pemilihan pemain yang memiliki badan tinggi akan lebih diprioritaskan sebagai pemain yang dapat melakukan teknik blocking dalam permainan. Teknik inilah yang memiliki kesulitan paling tinggi untuk dilakukan, karena kita harus mengetahui dan membaca gerakan yang akan dilakukan oleh lawan kita dalam permainan.

  • Teknik smash

Teknik yang satu ini merupakan teknik utama yang banyak dilakukan oleh para pemain, untuk menyerang lawan dan memasukkan lapangan pada garis lapangan milik lawan. Teknik bola voli ini, biasanya akan dilakukan dengan cara melompat, dimana pukulan akan dilakukan dengan menggunakan sudut pukulan terkecil menuju arah lapangan lawan. Teknik-teknik dasar yang telah disebutkanlah yang merupakan teknik dasar yang harus dipahami dalam permainan bola ini.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply