Mengenal Lebih Dekat Dengan Sepak Takraw

Mengenal Lebih Dekat Dengan Sepak Takraw

Sepak takraw adalah permainan perpaduan dari bola voli dan sepak bola dimana sentuhan pada bola dilakukan sebanyak 3 kali menggunakan kaki dan menggunakan net seperti pada permainan voli. Apabila dalam voli pemain sangat memperhitungkan kemampuan kekuatan tangan namun takraw mengandalkan kekuatan kaki pemain.

 

Sepak Takraw sendiri memiliki arti menendang bola anyaman. Awalnya pada tahun 1970, sepak takraw mulai berkembang di Indonesia yang dibawa oleh orang utusan untuk kunjungan muhibah Malaysia dan Singapura. Namun sebenarnya di Indonesia sendiri permainan ini sudah dikenal tapi sebatas permainan tradisional.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Sepak Takraw

Sepak takraw berkembang rekatif cepat di Indonesia khususnya di wilayah Riau, Sumatera utara, Sumatera Barat, dan Sulawesi Selatan. Dan akhirnya pada tahun 1971 dibentuk organisasi resmi sepak takraw yang diberi nama Persatuan Sepak Raga Seluruh Indonesia (PERSERASI) dengan ketua umum Drs. M. Yunus Akbar.

Lapangan takraw seukuran dengan lapangan badminto yaitu panjang 13,40 meter dan lebar 6,10 meter. Keempat sisi ditandai dengan garis  yang dicat dengan lebar 4 cm dihitung dari pinggir sebelah luar. Garis tengah memiliki lebar 2cm (Centre Circle) dan garis seperempat lingkaran yang terletak dipojok tengah dengan radius 90cm diukur dari garis sebelah dalam ( Quarter circle). Lingkaran service(The service circle) memiliki radius 30 cm terletak di tengah lapangan, jarak dari garis belakang 2,45 m dan jarak dari titik tengah garis lingkaran kegaris tengah (Centre line) 4,25cm, dan dihitung dari kiri ke kanan garis pinggir lapangan memiliki jarak titik tengah lingkaran 3,05m.

Garis luar lapangan bebas dari rintangan minimal 3 meter yang biasanya disebut areal bebas. Lapangan takraw dapat dimainkan diluar dan didalam ruangan. Dengan ketentuan apabila dimainkan didalam ruangan maka tinggi ruangan minimal 8 meter dari lantai. Tiang diletakan 30cm diluar garis pinggir. Tinggi net disesuaikan para pemain, bagi pemain putra tinggi net 1,55m dibagian pinggir dan minimal 1,52 meter dibagian tengah dan bagi pemain putri dibagian pinggir tinggi net 1,45 dan minimal 1,42 dibagian tengah.

Untuk sepak takraw jaring yang dipergunakan dibuat dari tali atau benang kuat atau nilon dengan tiap lubang memiliki lebar 6 hingga 8 cm. Panjang dari netnya sendiri adalah 6,10 meter dan lebar net 6,10 meter.Bola yang dipergunakan pada sepak takraw dibuat dari rotan pada awalnya namun dalam perkembangannya sekarang terbuat dari plastik. Bola untuk pria memiliki diameter 42 hingga 44 cm dengan berat 170 – 180 gram dan bagi putri berdiameter 43 hingga 45 cm dengan berat 150 – 160 cm. Dalam satu permainan dimainkan oleh 2 tim dimana dalam 1 tim terdiri 3 orang pemain dan 1 orang pemain cadangan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply