Mengenal Manfaat Olahraga Ping-pong Bagi Kesehatan Tubuh

Olahraga sudah sepantasnya dijadikan aktivitas yang menjadi bagian dari gaya hidup. Hal ini lantaran olahraga sejak muda bisa menjadi investasi di masa depan yang berharga karena Anda akan punya tubuh yang fit dan sehat hingga masa tua nantinya. Olahraga sendiri tak melulu membosankan karena bisa disesuaikan dengan apa yang Anda sukai. Salah satu jenis olahraga yang bisa Anda coba adalah olahraga ping pong atau tenis meja.

Mungkin banyak di antara Anda yang tahu jika olahraga tenis meja ini sebatas menyenangkan saja. Padahal, olahraga yang satu ini punya banyak sekali manfaat yang cukup spesifik pada kesehatan tubuh Anda. Lalu apa saja manfaat dari olahraga tenis meja ini? berikut ini ulasannya:

  • Meningkatkan koordinasi mata dan tangan

Yang pertama adalah dengan meningkatkan koordinasi dari mata dan tangan. Tentu Anda tahu jika olahraga tenis meja ini sangat mengandalkan konsentrasi dan kewaspadaan mata. Ketika ada bola datang, tangan pun juga secara otomatis mengejar bola tersebut sehingga hal inilah yang menjadikan tenis meja punya manfaat demikian.

  • Mengembangkan kemampuan mental

Tenis meja juga mampu meningkatkan ketajaman mental Anda. Hal ini karena adanya kecepatan, putaran hingga penempatan bola jadi aspek penting dalam hal ini. Kombinasi dari ketiga hal tersebut yang menjadikan mental Anda kian terasah ketika memainkannya.

  • Meningkatkan refleks tubuh

Tentu dalam bermain tenis meja, refleks sangat penting untuk pemain sehingga bisa menangkap bola yang dipukul lawan. Mengingat olahraga yang satu ini adalah olahraga dengan jarak dekat dan cepat, maka gerakan otot motoriknya pun akan menjadikannya membaik. Selain refleks, perkembangan otot tubuh pun akan semakin cepat.

Baca Juga:Artikel Olahraga Mengenai Sejarah Munculnya Ping Pong

  • Latihan sendi terbaik

Jika Anda punya masalah dengan bagian sendi misalnya baru operasi lutut, ada masalah di punggung, hingga lelah memutar di pergelangan kaki, maka ping pong ini bisa jadi olahraga yang cocok untuk melatih sendi Anda. Hal ini lantaran tenis meja bisa menjadi olahraga yang bisa memperbaiki kekuatan lengan, kaki namun tanpa membebani bagian sendi.

  • Membakar kalori

Bagi Anda yang sedang diet, olahraga tenis meja bisa jadi alternatif olahraga yang bagus. Dalam satu jamnya, tenis meja akan bisa membakar 272 kalori dalam tubuh. Lumayan bukan?

  • Menjaga otak tetap tajam

Alzheimer menjadi penyakit yang meningkat belakangan ini. Salah satu cara untuk mencegah terkena Alzheimer adalah dengan menjaga kesehatan otak. Olahraga tenis meja ini juga bisa dilakukan karena tenis meja mampu menjadikan aliran darah ke otak meningkat.

Ternyata manfaat ping pong untuk tubuh begitu banyak bukan? jadi kini tak perlu ragu lagi untuk memulai olahraga, salah satu cara menyenangkannya adalah dengan tenis meja ini.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply