Mengenal Olahraga Futsal Lebih Dalam

Mengenal Olahraga Futsal Lebih Dalam

Olahraga permainan bola ini merupakan olahraga yang memang memiliki kesamaan aturan dalam permainan olahraga sepak bola, yang membedakan pada permainan olahraga bola ini dengan olahraga sepak bola adalah lapangan yang akan digunakan dalam permainan olahraga ini, serta jumlah pemain yang terlibat dalam sebuah pertandingan. Jika dalam sepak bola jumlah pemain yang terlibat sekitar 11 orang, maka akan berbeda dengan jumlah pemain dalam olahraga yang satu ini, dimana dalam satu tim olahraga ini akan berjumlah 5 orang sebagai pemain inti didalam sebuah pertandingan. Ya, futsal merupakan olahraga permainan bola yang dilakukan di sebuah ruangan tertutup yang melibatkan 2 tim, dimana dalam satu tim akan terdapat 5 orang pemain didalamnya.

Mengenal Olahraga Futsal Lebih Dalam 

Olahraga permainan bola yang satu ini untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh Juan Carlos Ceriani, yang merupakan seorang warga Uruguay, dimana olahraga ini mulai diperkenalkan pada tahun 1930an. Sedangkan untuk pertandingan kelas dunia dari olahraga permainan bola ini sendiri mulai diselenggarakan pada tahun 1965, dengan juara dipegang oleh negara Brazil, dan secara berturut-turut hingga beberapa kali periode pun masih tetap dipegang oleh negara Brazil sebagai juaranya.

Bagi Anda yang memang menggemari olahraga permainan bola yang satu ini, berikut ini beberapa aturan dasar dalam olahraga futsal yang memang harus Anda ketahui terlebih dahulu, sebagai sebuah pemahaman, yang antara lain adalah:

  • Luas lapangan yang digunakan dalam olahraga bola ini biasanya akan memiliki patokan ukuran panjang 25-43m dengan lebar sebesar 15-25m.
  • Jumlah pemain yang terlibat dalam satu tim adalah 5 orang sebagai pemain inti, dan 7 orang untuk pemain cadangan.
  • Durasi waktu normal dalam sebuah pertandingan bola ini adalah 2×20 menit dengan waktu istirahat selama 10 menit.
  • Untuk waktu perpanjangan dari permainan ini adalah 2×5 menit, apabila permainan memiliki hasil yang seimbang setelah durasi waktu permainan normal telah dilewati.

Selain aturan dasar dalam permainan seperti telah disebutkan diatas, peraturan secara tersirat pun biasanya juga akan diwajibkan untuk dilakukan oleh masing-masing tim yang terlibat dalam permainan tersebut. Peraturan tersirat seperti penggunaan perlengkapan pertandingan seperti sepatu khusus, seragam yang sama dalam satu tim, biasanya akan dilakukan oleh para pemain yang terlibat dalam pertandingan tersebut.

Di Indonesia sendiri olahraga futsal ini memang belum lama dikenal dan populer. Namun kemudahan dan aturan yang tidak terlalu sulit menjadikan olahraga yang satu ini pun kini banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia secara umum, khususnya bagi kalangan anak muda. Munculnya berbagai lapangan olahraga bola ini, yang dijadikan sebagai sebuah bisnis merupakan sebuah bukti bahwa olahraga permainan bola ini memang mulai populer dan banyak disukai oleh masyarakat Indonesia.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply