Mengenal Olahraga Sepak Takraw Lebih Dalam

Mengenal Olahraga Sepak Takraw Lebih Dalam

Mungkin olahraga yang satu ini memang memiliki penggemar yang tidak terlalu banyak, karena memang belum dikenal secara meluas oleh masyarakat Internasional. Olahraga yang berasal dari masyarakat Melayu ini pada umumnya banyak dilakukan dengan menggunakan media bola yang terbuat dari rotan. Dalam bahasa Melayu sendiri olahraga ini lebih dikenal dengan sebutan sepak raga, karena memang menggunakan raga ataupun bola keranjang. Di Indonesia dan beberapa negara Asia Tenggara lainnya, olahraga yang satu ini lebih dikenal dengan sebutan sepak takraw. Untuk memainkan olahraga ini, biasanya akan digunakan sebuah sistem pertandingan antara du regu, dimana satu regu terdiri dari 3 orang pemain didalamnya.

 Mengenal Olahraga Sepak Takraw Lebih Dalam

Kedua regu tersebut akan di pertandingan dengan cara berhadap-hadapan, dimana masing-masing regu akan dipisahkan dengan sekat net pada bagian tengah lapangan. Untuk lapangan sendiri, olahraga ini akan menggunakan lapangan datar dan didalam ruangan seperti layaknya sebuah olahraga badminton. Untuk dapat melakukan sebuah permainan sepak raga ini, masing-masing anggota dari tiap regu, hanya diperbolehkan menggunakan kaki dan kepala untuk menyentuh dan memukul bola. Sedangkan bagian tangan pemain, tidak diperbolehkan sama sekali untuk menyentuh bola, dan apabila hal tersebut terjadi, maka pemain akan dianggap melanggar aturan. 

Berikut ini beberapa aturan lain yang ditetapkan dalam sebuah permainan sepak takraw, yang mungkin belum pernah Anda ketahui, diantaranya adalah:

  • Posisi pemain tetap dan tidak mengalami sistem rotasi, dimana 3 pemain dalam satu grup akan memiliki posisi tetap sebagai berikut, 1 orang akan berdiri dibelakang dan disebut tekong, dan 2 pemain pada bagian depan sisi kanan dan kiri, dimana kedua pemain ini akan disebut sebagai apit kanan dan apit kiri.
  • Bola yang digunakan terbuat dari rotan ataupun fiber dengan diameter antara 41 – 43 cm.
  • Pemain diwajibkan menggunakan pakaian olahraga lengkap dengan menggunakan sepatu karet sebagai alas kaki mereka.

Untuk angka kemenangan sendiri, olahraga sepak ini menetapkan angka 21 sebagai angka yang menentukan kemenangan sebuah regu. Jika masing-masing regu mendapatkan angka 20 pada waktu yang bersamaan, maka wasit akan memutuskan untuk menambahkan 5 angka lagi, apabila memang kesepakatan dengan regu yang menerima service telah ditetapkan. Dalam pertandingan sepak raga tersebut, biasanya akan dipimpin oleh seorang wasit dengan 1 orang pembantu wasit dan 6 orang penjaga garis didalam lapangan.

Permainan sepak takraw, akan dimulai dengan pengundian yang dilakukan oleh wasit dengan menggunakan uang koin ataupun koin tertentu lainnya, untuk menentukan penempatan bola pertama kalinya. Penempatan bola pertama ini biasanya akan dilakukan juri dengan mengambil sisi koin yang muncul dan dipilih oleh regu tertentu. Untuk penempatan set kedua, bola akan secara otomatis dimiliki oleh regu yang memenangkan permainan pada set pertama.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply