Mengenal Peraturan dalam Olahraga Bulutangkis

Mengenal Peraturan dalam Olahraga Bulutangkis

Badminton merupakan salah satu cabang olahraga yang memang telah berhasil menelurkan para pemain kelas dunia di Indonesia. Tidak hanya itu olahraga yang satu ini menjadi olahraga paling difavoritkan oleh banyak muda-mudi di Indonesia, karena selain mudah untuk dimainkan, olahraga yang satu ini juga lebih memberikan jaminan kehidupan bagi masa depan pemainnya dibanding dengan jenis ataupun cabang olahraga yang lainnya. Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan olahraga bulutangkis ini, baik hanya sekedar sebagai hobi ataupun profesional, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memahami aturan dasar dalam melakukan olahraga yang satu ini, agar nantinya permainan dapat Anda lakukan dengan tepat dan bermanfaat.

 Mengenal Peraturan dalam Olahraga Bulutangkis

  • Peraturan service

Service merupakan pukulan yang menandakan bahwa sebuah permainan badminton akan dimulai, dimana pukulan ini biasanya akan dilakukan oleh salah seorang pemain dari salah satu sisi lapangan. Pukulan service yang benar sesuai dengan peraturan badminton adalah service dengan pukulan menyilang menyeberangi net menuju lapangan lawan. Selain pukulan dilakukan dengan cara menyilang, kepala raket juga harus berada di bawah pegangan raket, sedangkan pukulan kepada kock harus dilakukan dibawah pinggang. Gerakan dalam memukul bola untuk pertama kali harus dilakukan dalam satu gerakan rangkaian. 

  • Garis lapangan

Luas dan ukuran lapangan yang digunakan untuk permainan bulutangkis ini, akan berbeda antara permainan single dan ganda. Garis lapangan pada permainan badminton ini, biasanya akan terdiri dari dua lapis yaitu bagian garis luar dan garis dalam, untuk masing-masing sisi lapangan baik bagian depan, belakang dan sisi samping kanan kiri. Area bidang permainan untuk badminton tunggal, lebih menggunakan garis samping dalam dan garis belakang luar. Sedangkan untuk permainan ganda, bidang lapangan lebih menggunakan garis samping luar dan garis belakang luar.

  • Sistem perhitungan point

Sistem penilaian ataupun perhitungan point dalam badminton sendiri dikenal beberapa cara perhitungan point yang dapat digunakan. Untuk saat ini sendiri sistem perhitungan relli point ataupun perpindahan bola merupakan sistem perhitungan nilai yang lebih banyak digunakan. Untuk point tertinggi yang dijadikan sebagai point penentu kemenangan dalam satu babak adalah point dengan angka 21, kecuali terjadi perpanjangan waktu, yang disebabkan karena adanya point yang terlalu berhimpitan antara satu pemain dengan pemain lainnya.

  • Partai dalam permainan bulutangkis

Dalam pertandingan badminton sendiri, dalam berbagai tingkat dikenal dalam kategori 5 partai, yaitu tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran, dimana untuk pemain ganda terdapat 2 pemain dalam satu team. Sedangkan permainan tunggal merupakan permainan satu lawan satu dengan pemain lainnya, yang memang sedang menjadi lawan pada saat itu. Selain aturan dasar seperti telah disebutkan diatas, dalam melakukan permainan badminton ini masih terdapat beberapa aturan baku, yang memang harus kita ketahui terlebih dahulu.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply