Mengenal Peraturan dari Permainan Olahraga Sepak Takraw

Sepak takraw adalah olahraga permainan bola, yang merupakan kombinasi dari permainan sepak bola dan bola voli. Dalam permainan bola ini, biasanya akan dimainkan oleh 2 tim, dimana masing-masing tim terdiri dari 3 personil. Untuk melakukan permainan ini, biasanya akan digunakan lapangan bulu tangkis untuk ganda serta net yang memang telah disediakan khusus untuk permainan bola yang satu ini. Permainan ini disebut sebagai kombinasi dari permainan sepak bola dan bola voli, karena dalam aturan permainannya, bola harus ditendang melewati net layaknya bola voli, namun tangan pemain tidak boleh menyentuh bola layaknya dalam permainan sepak bola. Didaerah asal permainan bola yang satu ini yaitu wilayah melayu, olahraga ini biasanya disebut dengan olahraga sepak raga.

Yang menjadikan olahraga ini berbeda dari jenis olahraga bola lainnya adalah penggunaan bola dalam olah raga yang satu ini. Jika dalam olahraga bola lainnya bola dibuat dari bahan dasar karet, dalam olahraga sepak raga ini, bola terbuat dari anyaman rotan, yang dibentuk sedemikian rupa hingga membentuk sebuah bola. Olahraga yang satu ini sendiri juga memiliki tingkat kejuaraan dunia yang diadakan secara berkala. Kejuaraan dunia yang paling tinggi untuk olahraga ini adalah Kings Cup World Championship, yang untuk terakhir kalinya diadakan di kota Bangkok, Thailand.

Dalam olahraga sepak takraw ini sendiri, juga terdapat beberapa peraturan dasar, sebagaimana layaknya permainan bola yang lainnya, dimana peraturan ini wajib untuk dipatuhi oleh setiap anggota permainan. Adapun peraturan dasar dari permainan bola yang satu ini, antara lain adalah:

  • Pertandingan dan atau permainan dilakukan oleh 2 tim, dimana masing-masing tim terdiri dari 3 personil, dengan posisi yang tetap dan tidak berputar.
  • Setiap pemain atau tip, hanya memiliki hak untuk menyentuh bola sebanyak 3 kali secara berturut-turut.
  • Bola hanya boleh di sepak dengan menggunakan kaki dan tidak boleh disentuh dengan tangan.

 Baca Juga: Aturan Dasar Untuk Olahraga Cabang Sepak Takraw

Meskipun untuk saat ini olahraga permainan bola yang satu ini, memiliki tingkat penggemar yang minim di Indonesia, namun dalam perkembangannya, olahraga ini pun mampu menyeimbangkan diri dengan olahraga lainnya dan mulai dapat menembus jenis olahraga internasional yang patut diperhitungkan. Tidak hanya itu saja berbagai peralatan khusus untuk melakukan olahraga bola ini pun, kini mulai banyak disajikan di berbagai toko olahraga yang ada di Indonesia.

Penyajian berbagai peralatan olahraga sepak takraw oleh toko olahraga secara umum ini, menandakan bahwa olahraga yang satu ini memang mulai diperhitungkan di Indonesia. Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan jenis olahraga permainan bola yang satu ini, Anda dapat terlebih dahulu mencari referensi terkait dengan sistem permainan dan klub-klub yang menaungi permainan olahraga bola yang satu ini.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply