Mengenal Serba-serbi Olahraga Polo Air

Olahraga adalah aktivitas yang seharusnya dilakukan secara rutin dan kontinyu. Selain itu, olahraga juga bukan seharusnya dijadikan beban, namun gaya hidup dalam kehidupan sehari-hari mengingat manfaatnya yang begitu besar. Biasanya banyak sekali masyarakat yang suka melakukan olahraga air. Namun olahraga air bukan hanya olahraga renang, namun masih banyak jenis olahraga lainnya. Salah satu olahraga air adalah polo air. Memang banyak yang sering mendengar nama olahraga ini namun tidak mengetahui olahraga seperti apa polo ini.

Water polo adalah olahraga dengan bola yang dilakukan di air memakai tangan maupun kaki. Permainannya hampir mirip dengan bola tangan, tetapi dilakukan di air. Permainannya dilakukan oleh dua regu dengan masing-masing beranggotakan 7 orang. Tujuan yang paling utama dari olahraga yang satu ini adalah dengan memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawannya. Seperti halnya permainan lainnya, tentu water polo juga memiliki aturan, teknik dan caranya tersendiri. Berikut ini ulasannya:

  • Peraturan

Ada beberapa peraturan yang wajib untuk dipatuhi, diantaranya:

  • Ukuran kolam pada permainan ini adalah 30 x 20 meter.
  • Ukuran gawangnya adalah dengan tinggi 90 cm dari rata-rata atas air.
  • Jumlah pemain yang bisa bermain adalah 7 orang ditambah 4 pemain yang jadi cadangan. Selain itu pemain juga tidak diperkenankan melapisi badan dengan minyak dan harus memakai topi dengan nomor.
  • Waktu permainan water polo adalah 20 menit dengan dibagi 4 babak ditambah 2 menit istirahat.
  • Permainan
  • Pada permulaannya, pemain wajib ada di 1 meter depan garis gawang lalu wasit melepaskan bola ke lapangan. Apabila nantinya terjadi gol, maka regu kalah kembali memulai permainan¬†polo air. Jika ada permainan salah, maka wajib untuk diulang kembali.
  • Bola dinyatakan gol atau masuk jika seluruh bagian bolanya bisa melewati gawang garisnya di antara kedua mistar serta tiang gawang.
  • Jika seluruh bola lewat garis gawang dan bola terakhir disentuh pemain, maka harus ada lemparan gawang.
  • Dalam permainan ini juga ada lemparan penjuru, lemparan bebas hingga lemparan wasit tentunya dengan aturan tertentu.
  • Teknik

Ada dua jenis latihan pada permainan ini yaitu teknik renang serta teknik menggunakan bola. Namun pada dasarnya semua teknik ini mewajibkan para pemainnya untuk bisa menguasai teknik pada gaya renang hingga injak air dan loncat di air.

Itulah sedikit ulasan terkait permainan polo air. Memang olahraga ini tidak begitu populer di Indonesia sendiri, namun banyak juga peminatnya sehingga kini sudah banyak dikembangkan. Setelah melihat sedikit ulasan dan jika Anda tertarik maka ada baiknya Anda bisa mencari pelatih sehingga bisa menjadi pemain polo profesional dan bukan tak mungkin bisa ke tingkat internasional.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply