Mengenal Teknik Dasar Bola Kasti untuk Permainan yang Menyenangkan

Bola kasti merupakan permainan yang sudah lama sekali populer. Bahkan sejak masih di sekolah dasar pun permainan ini bisa dibilang merupakan yang paling populer. Permainan kasti sendiri banyak difavoritkan oleh para siswa karena permainanya yang menyenangkan, mudah dimainkan, namun tetap bisa dapat manfaat berkeringat. Karena permainan ini bersifat cukup kompetitif, maka tak heran jika banyak siswa yang selalu bersemangat dalam memainkannya.

 

Untuk bisa bermain kasti dengan menyenangkan, pastikan juga untuk kuasai semua tekniknya. Dengan teknik yang benar, maka kemenangan akan bisa didapatkan lantaran permainannya maksimal. Lalu bagaimana teknik bermain kasti yang tepat? Berikut ini ulasannya:

Teknik melempar bola

Yang pasti dan wajib diketahui adalah cara dalam melempar bola. Untuk melempar bola ini, pertama adalah harus tahu cara memegang bola lebih dulu yakni dengan memegang dengan jari tangan seluruhnya, pegang secara erat namun jari tak terlalu rapat. Selanjutnya untuk lemparan sendiri ada dua jenis yakni lemparan melambung dan lemparan lurus. Untuk lemparan melambung dan lurus ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan tekniknya.

Teknik menangkap bola

Setelah belajar untuk melempar bola kasti, lanjut dengan teknik dalam menangkap bolanya. Untuk cara penangkapan pastilah disesuaikan dengan dari mana arah bola itu datang. Untuk arah bolanya sendiri terbagi jadi bola melambung, mendatar hingga menyusur tanah. Masing-masingnya punya teknik sendiri namun hampir sama. Mengingat tidak memakai alat dalam menangkap bola, maka Anda perlu hati-hati dalam belajarnya. Untuk belajar sendiri pun bisa dengan melemparkan ke tembok dan coba tangkap.

Teknik memukul bola

Berlanjut ke teknik memukul bolanya. Memukul ini adalah ketrampilan wajib pemain kasti. Tiap-tiap pemainnya bisa memukul bola dengan ragam cara, namun yang jelas wajib pukul sejauh mungkin. Namun sebelum memukul, tentu yang penting adalah mampu memegang tongkat kastinya dulu yakni dengan mencondongkan badan ke arah pemukulnya dan buka kaki hingga selebar bahu. Pegang pemukul dengan tangan lalu lanjut tarik kayu pemukulnya sambil perhatikan bola datang. Jika bola sudah dekat, lalu pukul semaksimal mungkin kekuatan Anda. Ada pukulan melambung, pukulan mendatar dan pukulan merendah dimana semua tekniknya wajib diketahui.

 

Itulah beberapa teknik dasar dalam permainan bola kasti yang perlu diketahui tiap-tiap pemain. Untuk bisa lancar dalam bermain kasti dan menguasai semua tekniknya tentu butuh waktu yang tidak sebentar dan latihan yang ekstra. Meski begitu, karena permainan ini cukup menyenangkan tak heran jika banyak siswa yang tidak pernah bosan jika harus berolahraga dengan tanding kasti. Dengan bermain kasti, setidaknya bisa melepaskan rasa stres ketika memukul bola, latihan fokus dalam tangkap bola hingga kekuatan dalam melempar bola.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply