Mengintip Beragam Manfaat Menarik dari Olahraga Berkuda

Mengintip Beragam Manfaat Menarik dari Olahraga Berkuda

Semua orang tentu kenal dengan olahraga berkuda yang termasuk ke dalam jenis olahraga outdoor dan bisa dinikmati oleh semua kalangan. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa hanya saja olahraga yang melibatkan kuda ini memang bukan olahraga yang murah. Inilah alasan hanya kalangan terbatas yang bisa menikmati olahraga ini secara teratur. Namun tidak menutup kemungkinan suatu ketika Anda menjadi orang yang tak lagi memusingkan masalah isi kantong sehingga bisa menikmati olahraga mewah ini.

Mengintip Beragam Manfaat Menarik dari Olahraga Berkuda  

Melirik Manfaat Olahraga Naik Kuda

Teratur menikmati olahraga satu ini ternyata tak hanya sebagai ajang refreshing saja sebab menawarkan manfaat menarik sebagai berikut:

  • Menjadi latihan cardiovascular,

Pada saat memilih latihan berkuda yang membutuhkan konsentrasi dan menyita energi tentu berdampak baik bagi kesehatan jantung. Nantinya akan membuat nafas lebih berderu dan tubuh mendapatkan pasokan oksigen lebih banyak. Nantinya oksigen ini akan masuk ke aliran darah dan masuk ke jantung, sehingga olahraga satu ini baik untuk menjaga kesehatan jantung. Anda yang sering sesak nafas usai berlari atau naik turun tangga bisa mencoba rutin menikmati olahraga ini.

  • Membantu membentuk otot tubuh,

Pada saat berkuda Anda akan berada dalam posisi duduk sementara kedua kaki menempel pada pelana. Posisi ini membuat kaki terlatih menjadi lebih kuat untuk mempertahankan posisi tubuh tetap aman selama menikmati olahraga berkuda. Rupanya melalui posisi duduk inilah otot tubuh di area paha menjadi lebih terlatih sehingga lebih kuat dan terbentuk. Anda yang ingin memiliki kaki dan paha kuat serta kencang maka bisa mencoba menikmati olahraga ini secara teratur.

  • Membantu melatih keseimbangan dan juga koordinasi,

Pada saat menaiki kuda yang memang dipakai untuk kegiatan olahraga tentu tak hanya berhubungan dengan kekuatan tubuh. Pasalnya saat berkuda ini Anda dihadapkan pada lebih banyak tantangan karena kuda akan berlari dengan pola tertentu. Seekor kuda bisa melakukan derapan, guncangan, dan lain sebagainya secara mendadak jika tidak sigap akan mudah terjatuh dari punggung kuda. Maka menjaga keseimbangan selama menunggangi kuda sangat penting alhasil olahraga ini sangat membantu melatih keseimbangan dan koordinasi anggota gerak tubuh.

  • Menjadikan otot inti tubuh lebih kuat,

Latihan berkuda juga menjadi sarana untuk melatih isometric yakni kemampuan tubuh untuk mempertahankan sebuah posisi. Otot tubuh bagian tertentu menjadi terlatih dengan maksimal untuk mempertahankan posisi tersebut, yakni posisi duduk tegak di atas punggung kuda. Nantinya otot yang akan terlatih dimulai dari otot perut, otot punggung, dan juga otot panggul sehingga secara perlahan otot tubuh bagian inti ini akan semakin kuat. Resiko otot panggul lemah saat lansia bisa dicegah dengan olahraga berkuda secara teratur.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply