Mengintip Manfaat Olahraga Teratur untuk Otak dan Tubuh

Mengintip Manfaat Olahraga Teratur untuk Otak dan Tubuh

Kita semua pernah mendengarnya berkali-kali sebelumnya bahwa olahraga teratur sangat baik untuk tubuh dan otak Anda, dan itu dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Tetapi jika Anda sibuk, Anda memiliki pekerjaan yang tidak aktif, dan belum mengubah kebiasaan olahraga Anda. Kabar baiknya adalah tidak ada kata terlambat untuk memulai. Anda dapat mulai perlahan-lahan, dan menemukan cara untuk menyesuaikan lebih banyak aktivitas fisik ke dalam hidup Anda.

Mengintip Manfaat Olahraga Teratur untuk Otak dan Tubuh

Untuk mendapatkan manfaat maksimal, Anda harus mencoba untuk mendapatkan jumlah latihan yang direkomendasikan untuk usia Anda. Jika Anda bisa melakukannya, hasilnya adalah Anda akan merasa lebih baik, membantu mencegah atau mengendalikan banyak penyakit, dan bahkan mungkin hidup lebih lama.Olahraga secara teratur dan aktivitas fisik dapat dilakukan untuk membantu Anda mengendalikan berat badan Anda.

Berikut ini manfaat melakukan olahraga teratur, yaitu:

  • Kurangi risiko penyakit jantung.

Latihan menguatkan hati Anda dan meningkatkan sirkulasi Anda. Meningkatnya aliran darah meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh Anda. Ini membantu menurunkan risiko penyakit jantung seperti kolesterol tinggi, penyakit arteri koroner, dan serangan jantung.

  • Bantu tubuh Anda mengelola gula darah dan kadar insulin.

Olahraga dapat menurunkan kadar gula darah dan membantu kerja insulin Anda lebih baik. Ini dapat mengurangi risiko Anda untuk sindrom metabolik dan diabetes tipe 2. Dan jika Anda sudah memiliki salah satu penyakit tersebut, olahraga dapat membantu Anda untuk mengelolanya.

  • Bantu Anda berhenti merokok.

Olahraga dapat mempermudah berhenti merokok dengan mengurangi gejala mengidam dan mengundurkan diri. Ini juga dapat membantu membatasi berat badan yang mungkin Anda peroleh ketika Anda berhenti merokok.

  • Tingkatkan kesehatan mental dan suasana hati Anda.

Selama berolahraga, tubuh Anda melepaskan bahan kimia yang dapat meningkatkan mood Anda dan membuat Anda merasa lebih rileks. Ini dapat membantu Anda mengatasi stres dan mengurangi risiko depresi.

  • Bantu terus kemampuan.

Melakukan olahraga secara teratur dapat membantu Anda untuk terus berpikir, belajar, dan penilaian Anda tajam seiring dengan bertambahnya usia Anda. Latihan merangsang tubuh Anda untuk melepaskan protein dan bahan kimia lain yang memperbaiki struktur dan fungsi otak Anda.

  • Perkuat tulang dan otot Anda.

Olahraga secara teratur dapat membantu anak-anak dan remaja membangun tulang yang kuat. Di kemudian hari, itu juga dapat memperlambat hilangnya kepadatan tulang yang datang seiring bertambahnya usia. Melakukan aktivitas penguatan otot dapat membantu Anda meningkatkan atau mempertahankan massa dan kekuatan otot Anda.

Dengan melakukan olahraga teratur juga dapat meningkatkan peluang Anda untuk hidup lebih lama. Studi menunjukkan bahwa aktivitas fisik dapat mengurangi risiko kematian dini dari penyebab utama kematian, seperti penyakit jantung dan beberapa jenis kanker. Oleh sebab itulah penting bagi Anda untuk menjadikan aktivitas sehari-hari lebih aktif. Bahkan perubahan kecil pun bisa membantu.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply