Mengulas Beberapa Contoh Olahraga Air dan Manfaatnya untuk Tubuh

Mengulas Beberapa Contoh Olahraga Air dan Manfaatnya untuk Tubuh

Olahraga merupakan salah satu cara untuk mendapatkan tubuh sehat dan jiwa yang kuat. Selain memberikan manfaat pada tubuh, dengan berolahraga Anda juga akan merasa terhibur dengan aktifitas yang dilakukan. Contoh olahraga yang menjadi favorit banyak orang adalah olahraga air. Habitat air bukanlah habitat umum untuk manusia sehingga air selalu menjadi media yang dirindukan untuk berolahraga ataupun bermain. Bagi Anda yang lebih sering berolahraga di darat, dan ingin mencoba berolahraga di air, berikut ini adalah beberapa jenis olahraga dengan media air yang bisa Anda coba:

Mengulas Beberapa Contoh Olahraga Air dan Manfaatnya untuk Tubuh 

  • Renang.

Berenang menjadi jenis olahraga umum yang dilakukan di dalam air. Bagi yang sudah bisa berenang hal tersebut bisa menjadi kelebihan agar dapat menjaga diri ketika terjadi sebuah bencana. Namun bagi yang belum bisa berenang, Anda juga bisa bermain air dengan menggunakan pelampung agar lebih aman. Dengan berenang, ada banyak manfaat kesehatan yang bisa dimiliki seperti latihan pernafasan, latihan otot dada dan otot gerak, membakar kalori dan menghilangkan stress.

  • Snorkeling.

Merupakan olahraga di perairan dangkal seperti di laut dengan kedalaman yang tak terlalu dalam. Menggunakan alat bantu pernafasan khusus yang dibuat agar Anda tetap bisa mengambil udara dengan mudah. Dengan snorkeling Anda akan bisa melihat keindahan bawah laut yang dangkal karena peralatan snorkeling memberikan kemudahan untuk melihat dan bernafas.

  • Diving.

Olahraga air lainnya yang juga menghibur adalah diving. Ada dua macam diving yaitu free diving dan scuba diving. Free diving adalah menyelam dalam perairan dalam tanpa menggunakan alat bantu apapun. Sedangkan scuba diving, menggunakan alat bantu pernafasan lengkap dengan tabung oksigen dan pakaian selam.

  • Kano.

Bagi yang ingin melakukan kegiatan di air namun tidak masuk di dalamnya, Anda bisa mencoba olahraga kano atau kayak. Kano atau kayak adalah sebuah perahu kecil yang bisa dinaiki beberapa orang. Cara menjalankannya adalah dengan mendayung secara kompak oleh semua yang menaikinya. Dengan melakukan olahraga ini, otot tangan akan dilatih serta melatih tubuh untuk menjaga keseimbangan. 

  • Surfing.

Surfing atau berselancar adalah olahraga yang dilakukan dengan menaiki papan surfing di atas ombak. Termasuk sebuah jenis olahraga yang memacu adrenalin sekaligus melatih keseimbangan tubuh. Surfing juga dilakukan dengan berenang pada awalnya sehingga melatih pernafasan dan otot gerak. 

Dari beberapa jenis olahraga air di atas, Anda bisa memilih mana yang diinginkan sesuai selera ataupun kemampuan. Jika ingin lebih serius, kini ada banyak pelatihan yang bisa Anda ikuti untuk bisa mahir melakukan beberapa jenis olahraga di dalam air. Indonesia yang merupakan negara kepulauan juga memiliki banyak lokasi menarik untuk melakukan olahraga ini seperti untuk menyelam dan berselancar.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply