Mengulas Beragam Jenis Sepatu Lari Berdasarkan Pada Medan di Mana Anda Akan Lari

Mengulas Beragam Jenis Sepatu Lari Berdasarkan Pada Medan di Mana Anda Akan Lari

Lari merupakan olahraga yang termurah yang Anda bisa lakukan di sekitar tempat tinggal Anda. Anda tidak perlu menyediakan tempat khusus untuk bisa melakukan olahraga yang butuh sepatu lari yang tepat agar membuat lari menjadi lebih mudah dan tidak menyebabkan resiko cidera yang parah. Untuk memilih sepatu yang tepat, selain harus menyesuaikan ukuran kaki Anda juga harus menyesuaikan tipe kaki dan juga jenis larinya.

Mengulas Beragam Jenis Sepatu Lari Berdasarkan Pada Medan di Mana Anda Akan Lari 

Jika salah memilih sepatu, bisa menyebabkan cidera berikut ini:

  • Cedera kaki seperti lecet, bengkak ataupun keseleo yang ringan maupun yang berat.
  • Plantar fasilitas yang merupakan rasa nyeri di jaringan tisu yang ada di bagian tumit.
  • Retak tulang yang biasanya terjadi saat Anda terlalu keras menghentak ke medan.
  • Pengapuran sendi yang disebabkan karena kesalahan memilih sepatu sehingga gerak tubuh tidak maksimal.

Jika berdasarkan pada jenis atau tipe cara Anda menampakkan kaki Anda ke tanah, sepatu lari dibagi menjadi 3, yaitu:

  • Neutral pronation: Telapak kaki mendarat dari tumit ke tengah kaki. Jenis ini tidak membutuhkan bantalan di tempat khusus dan dapat disesuaikan dengan kenyamanan.
  • Under pronation: Diawali dari tumit ke sepanjang kaki di bagian luar. Tipe ini membutuhkan sepatu dengan batalan yang berada di bagian atas.
  • Over pronation dari tumit ke sepanjang kaki bagian dalam. Jenis ini membutuhkan bantalan yang lebih keras di tengah untuk menghindari nyeri hingga ke paha.

Berdasarkan pada jenis larinya, ada 3 jenis sepatu yang harus Anda ketahui. Pertama adalah road-running shoes. Sepatu untuk lari ini cocok untuk Anda yang kerap melakukan olahraga lari di jalanan atau aspal. Hal ini disebabkan karena sepatu ini memiliki design yang pas untuk lari di aspal dan bobot yang ringan disertai dengan adanya bantalan atau penyeimbang kaki ketika Anda melangkah berulang kali bahkan saat Anda melangkah di bagian permukaan yang kasar. 

2 jenis sepatu lari lainnya berdasarkan pada medan dimana Anda akan lari yaitu:

  • Trail running shoes yang cocok digunakan untuk lari di jalanan off-road misalnya jalanan yang berlumpur, berakar, berlumpur atau yang berbatu seperti yang berkerikil. Hal tersebut disebabkan karena jenis sepatu ini memiliki sol yang terbuat dari bahan yang solid dan dilengkapi dengan pelindung telapak kaki ekstra sehingga tidak hanya akan melindungi kaki anda dengan baik namun juga menjaga stabilitas.
  • Cross-training shoes yang didesain dengan sol yang lebih keras untuk Anda yang tidak hanya akan menggunakan sepatu ini untuk lari namun juga untuk olahraga yang lainnya misalnya olahraga di gym ataupun latihan yang lainnya dimana Anda butuh kontak atau mencengkeram medan pijakan dengan lebih baik.
Be Sociable, Share!

Leave a Reply