Mengulas Seputar Teknik Dasar Permainan Tenis Meja Serta Manfaatnya

Mengulas Seputar Teknik Dasar Permainan Tenis Meja Serta Manfaatnya

Tenis meja adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang atau empat orang yang saling berlawanan. Raket ini terbuat dari papan kayu yang dilapisi karet atau biasa disebut bet. Permainan ini pun cukup banyak disukai hingga membentuk beberapa organisasi seperti PTMSI di Indonesia dan ITTF untuk dunia. Selain raket, ada juga bola yang berdiameter 40mm dengan berat 2,7 gram dan berwarna putih atau orange terbuat dari bahan selulosa yang ringan. Untuk pantulan bola terbaik dijatuhkan pada ketinggian 30,5cm dan perhatikan banyak tanda bintang untuk menunjukkan kualitas tertinggi dari bola.

 Mengulas Seputar Teknik Dasar Permainan Tenis Meja Serta Manfaatnya

Berikut adalah beberapa teknik dasar dalam permainan ini diantaranya: 

  • Teknik dasar cara memegang bet, yaitu teknik shakehand grip yaitu teknik seperti berjabat tangan dan kedua sisi bet digunakan sehingga memudahkan ketika menerima atau melakukan smash, teknik penhold grip yaitu teknik seperti memegang pena dan pelaksanaannya dalam satu sisi saja, dan teknik seemiller grip yaitu dengan posisi berjabat tangan dengan jari telunjuk memegang seluruh bagian bet.
  • Teknik stance, yaitu teknik side stance yaitu posisi menyamping kiri atau kanan dan posisi bahu dekat net saat melakukan serangan, dan teknik square stance yaitu posisi tubuh menghadap ke meja dan posisi menerima serangan dan menerima servis dari lawan.

Selain itu, ada juga teknik footwork untuk gerakan kaki untuk mendekati arah bola baik ketika menyerang atau bertahan. Untuk gerakan kaki pada teknik tergantung pada jarak datangnya bola dan dijangkau dengan satu langkah. Ada juga teknik stroke tenis meja yang dilakukan saat bertahan atau menyerang dengan forehand dan backhand sesuai kebutuhan pertandingan berlangsung. 

Berikut adalah manfaat dari permainan ini diantaranya:

  • Meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan, merangsang kewaspadaan mental, konsentrasi dan strategi taktis.
  • Mengembangkan ketajaman mental, dengan kecepatan, putaran dan penempatan bola sangat penting dan pemain terlatih akan memecahkan teka-teki.
  • Meningkatkan refleks, gerak otot motorik dan otot halus akan semakin baik dan semburan tenaga dan pemulihan menyebabkan perkembangan otot cepat berkedut.
  • Latihan terbaik untuk persendian, seperti masalah punggung, lelah memutar pergelangan kaki maka olahraga ini memperbaiki kekuatan kaki, lengan dan beban sendi.
  • Membakar kalori setidaknya 272 kalori selama satu jam dan menjadi cara menyenangkan dan mudah membakarnya.

Selain itu, sarana bersosialisasi dan memperbaiki hubungan karena permainan ini dibutuhkan lawan dan tentunya akan menawarkan ini pada teman. Menjaga otak supaya tetap tajam dengan keterampilan motorik dan kesadaran kognitif dengan peningkatan aliran darah ke otak. Meningkatkan koordinasi dengan pergerakan cepat dan mengikuti lintasan lawan. Manfaat tenis meja lainnya adalah meningkatkan keseimbangan dan merangsang berbagai bagian otak yang berbeda.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply