Menilik Cabang Olahraga Terbaru di SEA Games 2017

Penyelenggaraan pesta olahraga ASEAN memang sudah berakhir. Meski Indonesia hanya bisa berada di urutan kelima dengan perolehan sebanyak 38 medali emas, 68 medali perak serta 90 medali perunggu, namun tentu ini sudah membanggakan. Pada SEA Games ke-28 tersebut, ternyata ada yang menarik karena ada beberapa cabang olahraga baru yang mencatat sejarah dipertandingkan pertama kali di SEA Games 2017 kemarin.

Tentu Anda penasaran dengan cabang olahraga baru apa saja yang dipertandingkan di SEA Games kemarin bukan? Berikut ini ulasannya:

  • Hoki es

Hoki es adalah olahraga dan dimainkan di lapangan dengan berlapis es. Memang untuk negara dengan iklim ropis seperti kawasan Asia Tenggara, olahraga ini tidak terlalu populer. Permainannya sendiri cukup sederhana dimana pemain perlu mengoper bola memakai tongkat dan memasukkannya ke gawang lawan. Tantangannya adalah pemain harus memainkan di lapangan es sehingga wajib memakai sepatu khusus.

  • Figure skating

Seperti halnya hoki es, figure skating juga dilakukan di lapangan es. Untuk olahraga ini menampilkan gerakan tarian mulai dari menari, melompat hingga berputar dan mengangkat. Seluruh negara dari ASEAN sudah berpartisipasi pada penyelenggaraan di SEA Games kemarin.

  • Short Track Speed Skating

Perlombaan skating ini merupakan perlombaan skating tercepat yang menempuh jarak tertentu. Lapangan yang dipakainya pun adalah lapangan dengan es sehingga para pemain butuh sepatu khusus. Olahraga yang satu ini umum dimainkan tim dengan kisaran 4 hingga 6 orang dan di SEA Games kemarin perlombaan dengan kelas 500 m, 1000 m hingga 3000 m.

  • Cricket

Olahraga tim ini dimainkan dua kelompok dengan masing-masing timnya yang berisi 11 orang. olahraga ini memakai pemukul dengan bola agar pemain bisa mencetak dengan lebih banyak skor. Pada SEA Games kemarin, seluruh negara ASEAN ternyata turut berpartisipasi.

  • Tarung derajat

Tarung derajat adalah salah satu seni bela diri dari Indonesia. Olahraga ini dulu pernah diperkenalkan saat Indonesia jadi tuan rumah SEA Games di tahun 2011. Namun Tarung derajat tidak dilombakan lagi di tahun berikutnya dan kembali diperlombakan di tahun 2017 ini.

cari tau juga tentang dunia olahraga hanya di anekajerseybola.com

  • Bridge

Seperti halnya Tarung Derajat, Bridge juga dipertandingkan pertama kali di SEA Games 2017. Permainan ini adalah dengan menggunakan kartu, namun berbeda dengan permainan kartu biasanya denan aturan dan cara bermain yang berbeda. Permainannya dimainkan 4 orang yang duduk berhadapan.

Itulah beberapa cabang olahraga baru yang dipertandingkan di SEA Games 2017 kemarin. Untuk SEA Games selanjutnya, yang akan jadi tuan rumah adalah Indonesia. Pemerintah pun sudah banyak melakukan persiapan sehingga untuk event pesta olahraga di Indonesia bisa berjalan maksimal dan lancar keseluruhannya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply