Muay Thai

Dari namanya pasti sudah tahu bahwa olahraga beladiri ini berasal dari Thailand. Muay Thai masuk dalam kategori olahraga beladiri yang mematikan karena pukulannya memperbolehkan menggunakan tangan dan tendangan kaki, menggunakan gerakan menyikut dari sikut, dan juga gerakan membanting tubuh lawan. Sungguh gerakan yang sangat komplit jika dibandingkan dengan olahraga beladiri yang lain. Tekhnik pukulan, tendangan, dengkul, dorongan kaki, dan tekhnik menyikutnya pun beragam, dan tidak ketinggalan di lengkapi juga dengan tekhnik kuncian agar lawan tidak bisa melawan. Berikut beberapa tekhnik tersebut.

Tekhnik pukulan :

Jab (pukulan pendek), hook (pukulan belok), swing (pukulan ayun), spinning back fist  (pukulan belakang berputar), uppercut (pukulan keatas) dan pukulan cobra.

Tekhnik menyikut :

Elbow chop (pukulan potong siku), elbow slash (bantingan siku), horizontal elbow (siku horizontal), forward elbow thrust (dorongan siku ke depan), reverse horizontal elbow (siku horisontal ke belakang), uppercut elbow (siku ke atas), Mid-Air Elbow Strike (serangan udara sikut), Spinning Elbow (siku berputar), Double Elbow Chop (pukulan potong ganda siku).

Tekhnik menendang :

Roundhouse kick (tendangan putar), diagonal kick (tendangan diagonal), straight kick (tendangan lurus), half-shin, half-knee kick (tendangan tulang kering, tendangan setengah lutut), down roundhouse kick (tendangan putar ke bawah), spinning heel kick (tendangan tumit berputar), jump kick (tendangan loncat), axe heel kick (tendangan tumit kapak), step-up kick (tendangan naik).

Tekhnik lutut/dengkul :

Straight knee strike (serangan lutut lurus), diagonal knee strike (serangan lutut diagonal), curving knee strike (serangan lutut melengkung), horizontal knee strike (serangan lutut horisontal), knee slap (tepak lutut), knee bomb (bomb lutut), jumping knee (lutut lompat), step-up knee strike (serangan lutut naik).

Baca Juga:4 Jenis Olahraga Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Tekhnik dorongan kaki :

Straight foot-thrust (dorongan kaki lurus), sideways foot-thrust (dorongan kaki menyamping), reverse foot-thrust (dorongan kaki balik), slapping foot-thrust (dorongan kaki cepat), jumping foot-thrust (dorongan kaki lompat).

Walaupun olahraga Muay Thai merupakan olahraga berat tetapi sangat banyak manfaatnya untuk tubuh, berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh :

  1. Dapat menjadi sarana untuk membentuk badan.
  2. Menjadikan hidup lebih bersemangat.
  3. Dapat meningkatkan stamina tubuh.
  4. Menjaga kesehatan dan berat badan tetap ideal.
  5. Menguatkan kaki dan memperkuat tulang kering.
  6. Melatih untuk fokus dalam berfikir.
  7. Memperkuat imunitas.
  8. Membuat kulit lebih bercahaya.
  9. Membentuk pinggul menjadi lebih indah.
  10. Membentuk keberanian dan kepercayaan diri, dll.

Jadi tidak perlu takut lagi untuk belajar Muay Thai, meskipun terkesan berat dan menakutkan ternyata manfaatnya pun tidak mengecewakan bagi tubuh kita, selain itu olahraga ini juga bermanfaat untuk membentengi diri kita dari serangan orang yang tidak diinginkan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply