Olahraga Anak Bisa Disesuaikan dengan Usia dan Lihat Seberapa Besar Manfaatnya

Olahraga Anak Bisa Disesuaikan dengan Usia dan Lihat Seberapa Besar Manfaatnya

Berolahraga menjadi salah satu kegiatan menyenangkan bagi buah hati kita. Maka dari itu, mengenalkan kegiatan olahraga sejak dini bukanlah hal yang salah. Tidak jarang dengan mengajak anak untuk mulai menjalankan rutinitasnya dalam berolahraga mampu menemukan minat dan bakatnya sehingga ia memiliki sesuatu yang lebih daripada teman-temannya nanti. Seperti apa olahraga anak yang cocok? Berikut ulasannya.

Olahraga Anak Bisa Disesuaikan dengan Usia dan Lihat Seberapa Besar Manfaatnya

Sesuaikan dengan Usia Anak

Mengajak anak berolahraga ternyata harus mempertimbangkan beberapa hal, salah satunya adalah usia. Hal ini bertujuan agar si anak tidak mendapatkan jenis olahraga yang terlalu berat.

Usia 6-9 Tahun

Pada usia ini, anak masih kesulitan untuk memahami instruksi, lebih baik olahraga anak yang cocok adalah yang memiliki petunjuk singkat dan jelas. Jangan lupa untuk memilih olahraga yang berhubungan dengan motorik anak. Olahraga yang bisa Anda jalankan adalah lari, senam, bermain bola, dan bela diri. Anda cukup berfokus pada teknik dan gerakan sebelum anak memulai aspek yang lain seperti kecepatan dan kekuatan. Jika teknik dasarnya sudah sesuai maka aspek yang lain akan mengikuti.

Usia 10-12 Tahun

Pada anak usia 10 sampai 12 tahun kemampuan anak sudah mulai meningkat seperti motorik, mengambil keputusan, dan kemampuan berfikir. Anak terbukti sudah mampu mengingat dan memahami instruksi yang semakin rumit. Bukan hanya itu, ia sudah bisa memikirkan tentang strategi. Sehingga olahraga anak yang bisa dilakukan juga lebih rumit baik dari gerakan maupun instruksinya. Olahraga yang bisa dilakukan anak diantaranya sepak bola, bola voli, bola basket, baseball, dan bulu tangkis. Olahraga tersebut memiliki gerakan yang cukup rumit dan harus ada interaksi dengan teman-temannya sehingga bisa membantu anak untuk lebih dewasa

Berikan Kombinasi Olahraga

Saat usia menginjak 10 sampai 12 tahun, anak memang dianjurkan melakukan olahraga yang berbeda dari sebelumnya namun tidak perlu memberhentikan olahraga anak yang sudah dijalankan sebelumnya. Dengan memberikan kesempatan anak menjalankan olahraga lebih dari satu, ini bisa membantu mencari keterampilan bagi anak. Tidak jarang jika hanya satu olahraga tertentu anak bisa bosan.

Hikmah Kesehatan karena Berolahraga

Membantu menjalankan olahraga anak secara rutin ternyata dapat memberikan banyak manfaat kesehatan diantaranya:

  • Meningkatkan kebugaran tubuh
  • Mampu membantu menurunkan kelebihan berat badan
  • Membantu anak meningkatkan keseimbangan tubuh dan koordinasi gerak
  • Membantu membentuk postur tubuh secara sempurna
  • Memicu pertumbuhan otot dan tulang
  • Mencegah anak terserang penyakit metabolik
  • Anak terbiasa hidup aktif dalam berolahraga sehingga akan selalu dijalankan

Ternyata manfaat yang diperoleh dengan menjalankan olahraga anak secara rutin tidak hanya untuk kesehatan namun juga untuk sosial dan psikologinya seperti mengasah kemampuan dalam mendengarkan dan mengikuti instruksi, meningkatkan kemampuan akademik, anak bisa belajar memimpin dan kerjasama tim, membantu meningkatkan kemampuan sosial, dan membuat anak memahami konsep menang dan kalah. Anak juga menjadi lebih disiplin.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply