Olahraga Efektif Berapa Lama Olahraga Efektif Dilakukan?

Ada cukup banyak orang yang bertanya mengenai durasi olahraga yang efektif itu berapa. Hal ini tidaklah mengherankan mengingat tidak sedikit orang yang enggan melakukannya dengan alasan bahwa olahraga itu merepotkan dan harus dilakukan dalam waktu yang lama. Alasan ini tentu saja salah karena sejatinya olahraga juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Lalu, jika kita kembali lagi ke pertanyaan berapakah lama waktu olahraga efektif itu, silahkan simak penjelasan singkat yang ada di bawah ini untuk mendapatkan jawabannya.

Lama Waktu Olahraga yang Disarankan

Jika merujuk pada keterangan yang disampaikan oleh Department of Health and Human Services US, lama olahraga efektif yang disarankan adalah 150 menit per minggu untuk jenis olahraga intensitas sedang. Contoh olahraga intensitas sedang ini adalah berenang dan jalan cepat. Sementara untuk jenis olahraga intensitas tinggi seperti berlari misalnya, lama waktu yang disarankan hanya 75 menit per minggu. Tentunya lama waktu olahraga tersebut bisa Anda bagi-bagi sendiri setiap harinya. Sementara di Indonesia sendiri juga sangat disarankan agar seseorang melakukan aktifitas satu ini kira-kira selama 150 menit per minggu, dimana 150 menit tersebut adalah sekitar 30 menit per harinya. Nah, kalaupun yang bersangkutan tidak bisa melakukan olahraga setiap hari, minimal lakukan 3 hari atau 5 hari saja dalam satu minggu.

Lama Waktu Olahraga untuk Tujuan Tertentu

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa lama waktu olahraga yang disarankan adalah 150 menit setiap minggunya atau sekitar 30 menit tiap harinya. Lama waktu ini akan berubah jika tujuan Anda adalah untuk menurunkan berat badan ataupun untuk tujuan kebugaran tertentu lainnya. Sesuai dengan apa yang disampaikan oleh salah satu anggota komite penasehat pedoman diet Amerika serikat, yakni Russel Pate, Ph,D, disebutkan bahwa jika Anda telah berolahraga selama 30 menit dalam sehari namun masih saja mengalami kenaikan berat badan, maka Anda bisa menambah 30 menit lagi sehingga durasi total olahraga menjadi 60 menit. Namun, harap diingat, batas waktu olahraga yang disarankan adalah selama 90 menit per harinya. Ini berlaku bagi orang-orang yang overweight, hendak mempertahankan berat badan dalam jangka waktu yang panjang serta kehilangan berat badan dalam jumlah yang besar.

Jadi kesimpulannya adalah jika berat badan Anda termasuk ideal, maka Anda hanya perlu berolahraga kira-kira selama 30 menit saja per hari. Akan tetapi jika Anda bermaksud untuk mengontrol berat badan, silahkan lakukan selama 60 menit per hari dan jika Anda ingin menurunkan berat badan, silahkan Anda lakukan selama 90 menit per hari. Sebaiknya Anda tidak melampaui batas waktu tersebut, karena bagaimanapun juga olahraga yang dilakukan secara berlebihan itu bisa mendatangkan bahaya bagi tubuh.

Jenis Olahraga yang Disarankan

Lama waktu olahraga efektif yang disarankan sudah dijelaskan di atas, lalu bagaimana dengan jenis olahraga itu sendiri? Jenis olahraga yang disarankan sebenarnya ada banyak seperti bermain sepak bola dengan teman, bersepeda, jogging, senam atau bahkan berjalan. Anda tinggal pilih salah satunya saja yang paling Anda sukai supaya tidak malas lagi melakukannya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply