Olahraga Ekstrim : Slacklining

Slacklining atau Slackline atau ada juga yang menyebutnya stackline adalah olahraga ekstrim yang menitik beratkan pada teknik keseimbangan berjalan diatas seutas tali, tali yang biasa digunakan adalah tali webbing dengan ketinggian tertentu diatas permukaan tanah tergantung tingkat kemahiran yang dimiliki. Jadi olahraga yang satu ini sangat berguna untuk melatih keseimbangan kita. Dalam perkembangannya diluar negeri pun olahraga ini dijadikan fisioteraphi dan yoga karena membutuhkan konsentrasi yang tinggi jadi bukan hanya kesegaran badan tapi juga pikiran.

Walaupun terkesan baru sebenarnya kegiatan yang satu ini sudah ada sejak lama yaitu sejak zaman yunani kuno. Dari zaman itu kegiatan ini telah dibagi menjadi empat kategori, antara lain : Oribat yaitu Tarian pada tali, Neurobat Yaitu set tali diketinggian, Schoenobat yaitu menuruni tali, Acrobat yaitu melakukan akrobat diatas tali. Lalu sekitar tahun 260 SM Sensor Messala menyatukan keempat kata tersebut menjadi Funambulus yang berasal dari kata funis atau tali dan amburale yang berarti berjalan. Funambulus sekarang ini lebih dikenal untuk sebutan teknis pejalan kaki diatas kawat baja.

Slackline masuk ke Indonesia pertama kali pada tahun 2008, namun saat itu olahraga ini masih kurang populer bagi masyarakat Indonesia. Namun seiring dengan berjalannya waktu Slackline mulai dikenal setelah banyak media cetak maupun elektronik memberitakan dua komunitas slackline pada tahun 2012. Dengan berkembangnya teknik, teknologi, dan jenis dari slackline juga meterial bahan dan alat pendukung saat ini slackline pun terbagi menjadi beberapa kategori antara lain.

  • Highline, ini adalah versi awal dari slackline, menitik beratkan pada tinggi lintasan yang dipasang biasanya pada tebing alam dan tingkat kesulitan dalam set-up peralatan serta standar keamanan. Highline ini merupakan kategori dengan tingkat resiko paling tinggi dan paling banyak dilakukan oleh para pemanjat tebing.
  • Longline, kategori ini adalah menitik beratkan pada panjang lintasan, karena semakin panjang lintasan maka akan semakin tinggi pula tingkat kesulitannya.
  • Trickline, kategori ini menitik beratkan pada pertunjukan gerakan-gerakan indah dan koreografi diatas tali. Kategori ini diperlombakan bahkan dalam kejuaraan dunia slackline.

Untuk berhasil melintas tali diperlukan pengetahuan dan teknik serta latihan agar slackline berhasil. Olahraga ekstrim ini adalah olahraga yang menuntut konsentrasi tinggi dengan keinginan yang kuat untuk mengatasi rasa takut, mendapatkan keseimbangan dan akhirnya berhasil melintas di atas tali. Secara garis besar ada empat tahapan yang harus dilalui dalam menguasai slackline ini antara lain :

– Tahap Berdiri diatas tali

– Tahap berjalan diatas tali

– Tahap melakukan trik statis (tanpa pantulan dalam kategori trickline)

– Tahap melakukan trik khas trickline

Be Sociable, Share!

Leave a Reply