Olahraga Ibu Hamil Menyehatkan, Namun Hindari Beberapa Olahraga Berikut Ini

Olahraga Ibu Hamil Menyehatkan, Namun Hindari Beberapa Olahraga Berikut Ini

Setelah menunggu, tentunya kehamilan yang dinanti amat sangat ditunggu. Sebagai Ibu hamil, tentu wajib sekali jika harus menjaga kondisi kandungannya. Cara menjaga kondisi kandungan pun dengan cara makan sehat dan pastinya cukup istirahat. Namun bukan berarti Ibu hamil boleh malas-malasan. Ibu hamil sebetulnya juga bisa melakukan olahraga. Saat ini sudah ada banyak sekali kelas olahraga Ibu hamil yang ada di masyarakat. Anda bisa mencobanya sehingga selain bisa olahraga, Anda juga bisa mendapat teman sharing antar Ibu hamil lainnya.

 Olahraga Ibu Hamil Menyehatkan, Namun Hindari Beberapa Olahraga Berikut Ini

Meski demikian, tak semua olahraga bisa dilakukan oleh Ibu hamil. Alasannya karena beberapa olahraga memiliki potensi untuk membahayakan Ibu hamil. Lalu olahraga apa saja itu? Berikut ini ulasannya:

  • Basket, Futsal dan sepak bola

Basket adalah olahraga yang butuh tenaga besar untuk memainkannya. Bahkan karena permainannya yang cukup keras, maka jangan heran jika kerapkali terjadi tabrakan antar pemainnya. Itulah yang menjadikan olahraga ini dilarang untuk dilakukan para Ibu hamil. Bagi Anda yang suka sekali dengan basket, lebih baik hentikan dulu aktivitas ini dan cari olahraga yang cenderung aman. Begitu juga dengan olahraga futsal dan sepak bola.

  • Aerobik

Mayoritas para wanita suka sekali melakukan olahraga yang satu ini. Aerobik biasanya memiliki kelas-kelas tertentu. Dengan musik dan gerakan yang bersemangat, tak heran jika para wanita amat menggemarinya. Namun beda dengan Ibu hamil karena olahraga ini akan membuat kelelahan yang teramat sangat, apalagi jika perut sudah mulai membesar. Tapi pada dasarnya untuk para wanita yang sudah biasa melakukannya sebelum hamil, maka bisa juga dijadikan olahraga Ibu hamil, namun jika lelah langsung berhenti.

  • Tenis dan squash

Meski tak langsung berhadapan dengan lawan, tapi olahraga tenis pun baiknya dihindari. Alasannya gerakan di olahraga ini amat lincah dan menuntut kecepatan tinggi. Squash juga demikian, ketika Anda mengejar ritme bola yang cepat, ini cukup menyeramkan bagi kandungan. Namun jika memang rindu berolahraga tenis, maka bisa juga dilakukan dengan bermain ganda dan Ibu hamil olahraga dengan pelan dan tenang.

  • Bela diri

Bela diri tidak dibolehkan bagi wanita hamil lantaran resiko cideranya yang sangat besar. Tentu Anda tahu seperti apa ritme dalam olahraga bela diri. Banyak kontak fisik yang akan terjadi sehingga jika bagian perut kena pukulan tentu akan membahayakan sekali. Meski tidak ada lawan pun, gerakan bela diri juga cukup mengkhawatirkan. 

Selain itu olahraga ekstrim seperti mendaki gunung juga tidak diperkenankan bagi Ibu hamil. Meski Anda adalah pecinta olahraga, namun lebih baik pilih olahraga Ibu hamil yang aman dulu sementara sehingga kesehatan janin bisa terjaga.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply