Olahraga Peninggi Badan yang Cocok di Rumah

Siapa yang tidak ingin punya tinggi badan ideal? Tentu saja setiap orang ingin memiliki tinggi badan ideal. Meskipun tinggi badan merupakan pengaruh faktor genetik, namun tentu saja kamu bisa mengusahakannya dengan rajin melakukan olahraga peninggi badan. Banyak olahraga yang bisa kamu lakukan untuk mengusahakan tinggi badan yang ideal, nah diantaranya yang bisa kamu coba di rumah berikut ini

1. Yoga

Yoga memang selama ini dikenal dengan olahraga yang bisa menjadikan seseorang menjadi lebih tenang dalam menjalani hari, namun ternyata yoga juga bisa berfungsi sebagai olahraga peninggi badan di rumah yang mudah dan tentu saja sangat praktis. Sejumlah gerakan atau pose dalam yoga ditengarai berpengaruh dalam merangsang pertumbuhan tulang. Gerakan tersebut di antaranya triangle, mountain, tree, chakrasana, surya namaskar, dan adho mukha syanasana. Kelebihan lainnya dari olahraga yoga adalah sebagai penghilang stress juga mampu membuat otot dan sendi menjadi lebih rileks. Ini tentu saja bagus karena otot dan sendi dalam keadaan rileks bisa memperlancar aliran hormon pertumbuhan.

2. Lompat Tali (Skipping)

Setelah yoga, olahraga peninggi badan yang bisa kamu lakukan di rumah adalah lompat tali. Lompat tali adalah cara meninggikan badan dengan olahraga yang cukup sederhana karena bisa dilakukan dimanapun. Namun untuk melakukan olahraga ini, kamu memerlukan tali khusus (bisa dibeli di took peralatan olahraga) dan tekad untuk menerapkannya secara konsisten. Melakukan lompat tali akan membuat otot tubuh, terutama di bagian kaki, meregang dan berkontraksi. Akibat gerakan ini akan menciptakan hormon pertumbuhan di semua tubuh.

3. Stretching

Olahraga peninggi badan selanjutnya yang bisa kamu lakukan di rumah adalah gerakan stretching atau meregangkan tubuh. Umumnya stretching dilakukan sebagai bentuk pemanasan (warm up) sebelum melakukan kegiatan olahraga sesungguhnya seperti bermain sepakbola atau renang. Namun ternyata stretching juga termasuk gerakan olahraga peninggi badan. Cara meninggikan badan lewat gerakan olahraga stretching ada berbagai macam, salah satunya cobra stretching. Pertama-tama, posisikan tubuh dalam keadaan tengkurap. Setelah itu, angkat tubuh bagian atas secara perlahan dan kepala menghadap ke atas. Gerakan seperti ini dipercaya mampu merangsang pertumbuhan badan. Kamu bisa melakukan gerakan stretching setiap hari di rumah bahkan di dalam kamar.

4. Squat Jump

Squat jump adalah salah satu olahraga peninggi badan yang bisa dilakukan dengan mudah. Olahraga ini menjadi gerakan olahraga meninggikan badan selanjutnya yang layak dicoba. Selain melatih otot, gerakan pada squat jump juga berhubungan dengan bagaimana tulang dapat terangsang untuk tumbuh. Meskipun terlihat mudah, namun kamu tidak bisa melakukan olahraga peninggi badan ini secara sembarangan, jika ingin hasilnya kelihatan. Cara melakukan squat jump yang benar adalah:

a. Tubuh dalam kondisi berdiri tegak dengan kaki agak terbuka
b. Letakkan kedua tangan di belakang kepala
c. Ambil posisi jongkok secara perlahan
d. Tahan posisi jongkok tersebut selama kurang lebih 30 detik
e. Lompat lalu kemudian kembali lagi ke posisi jongkok

5. Bersepeda

Siapa sangka ternyata bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga peninggi badan, selama ini kita tahu manfaat bersepda adalah untuk menambah stamina dan menjaga kesehatan jantung serta paru-paru. Gerakan mengayuh sepeda secara tidak langsung meningkatkan pasokan darah ke otot paha dan lutut sehingga merangsang pertumbuhan tulang. Meskipun bersepeda bisa dilakukan mulai dari rumah, tentu saja bersepeda memerlukan alat olahraga peninggi badan yaitu sepeda itu sendiri.

Nah itulah 5 olahraga peninggi badan yang bisa kamu lakukan meski sedang di rumah. Jadi meskipun di rumah, kamu harus tetap berolahraga ya, supaya tubuhmu tetap bugar.