Olahraga Saat Haid yang Bermanfaat dan Dilarang Bagi Wanita

Olahraga Saat Haid yang Bermanfaat dan Dilarang Bagi Wanita

Jika Anda sering merasakan kesakitan saat menstruasi datang, atau jumlah darah yang keluar cukup banyak, maka tidak disarankan untuk melakukan olahraga. Olahraga saat haid tidak disarankan bukan karena dapat menimbulkan gejala kanker, hanya saja akan berakibat lebih sakit atau darah yang keluar menjadi lebih banyak dari biasanya. Namun begitu, untuk kesehatan tubuh, tidak ada salahnya kita berolahraga. Kira-kira olahraga apa saja yang diperbolehkan dan dilarang saat sedang haid? Berikut penjelasannya.

Olahraga Saat Haid yang Bermanfaat dan Dilarang Bagi Wanita

Manfaat Spesifik Olahraga Saat Haid

Olahraga memang sudah menjadi kebutuhan semua orang untuk menjaga kondisi diri agar tetap bugar dan sehat. Efek yang ditimbulkan biasanya berupa perasaan rileks dan positif. Ini sangat efektif untuk menekan tingkat stress seseorang. Salah satu Tim Periset yang berasal dari Iran, melakukan pengamatan dengan melibatkan 40 responden mahasiswa yang sedang mengalami menstruasi. Dalam pengamatan ini, mereka diminta untuk melakukan olahraga aerobik selama 60 menit dalam 3 kali seminggu selama kurun waktu 8 minggu. Hasil yang keluar ternyata mereka yang rutin melakukan olahraga saat haid tidak lagi mengalami kram perut ataupun sakit kepala yang hebat. Selain olahraga aerobik, lari, jogging, bersepeda, dan jalan kaki adalah olahraga yang sangat aman untuk dilakukan.

Olahraga yang Dilarang/ Tidak Disarankan

Berikut ini adalah daftar olahraga yang sebaiknya tidak dilakukan saat sedang haid, antara lain:

  • Berenang

Olahraga berenang memang tidak membahayakan bagi kesehatan orang yang sedang haid. Akan tetapi harus dihindari. Mengingat saat haid darah mengalir dengan deras dan tidak menutup kemungkinan akan merubah warna air kolam dan menimbulkan rasa risih. Selain itu, kondisi perut seseorang umumnya lebih mudah mengalami kram yang bisa meningkatkan resiko Anda untuk tenggelam.

  • Yoga

Yoga adalah salah satu olahraga kelenturan yang tidak berbahaya. Gerakannya juga tidaklah cepat. Namun, dalam beberapa postur Yoga ada beberapa gerakan yang tidak sesuai dilakukan ketika sedang haid. Misalnya saja gerakan kepala di kaki, kaki di kepala. Ini sangat tidak nyaman, karena dapat memicu penyumbatan pembuluh darah di Rahim dan memperbanyak volume darah yang keluar.

  • Olahraga berat

Olahraga saat haid yang disarankan adalah jenis olahraga yang tidak membutuhkan aktivitas otot secara berlebih. Untuk itu, olahraga berat seperti Muay Thai, basket, angkat beban, sepak bola, dan lompat tali sebaiknya harus dihindari. Keadaan ligame otot dan persendian yang kendur akan kewalahan jika dipaksakan untuk melakukan aktivitas di tersebut.

  • Lompat Trampolin

Jenis olahraga yang satu ini tidak disarankan saat sedang haid karena bisa mengakibatkan cidera yang cukup serius. Meskipun menurut penelitian, olahraga lompat trampolin sangat baik untuk melatih kekuatan pompa darah pada jantung, meningkatkan kebugaran, memberikan kekuatan pada lutut, serta mencegah osteoporosis, pada nyatanya ini sangat berbahaya jika dilakukan saat sedang haid.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply