Olahraga Yoga Yang Baik Untuk Fokus Fikiran

olahraga yoga untuk fokuskan pikiran

Olahraga yoga adalah salah satu dari jenis aktivitas yang mempunyai manfaat untuk dapat memperkuat otot-otot pada tubuh manusia, dan meningkatkan fleksibilitas, serta dapat menenangkan pikiran, hingga melatih pusat kendali pikiran seseorang. Kini, yoga telah menjadi olahraga fisik yang begitu digemari masyarakat, untuk semua kalangan mulai dari kalangan artis, pejabat negara, sampai ibu rumah tangga pun menggemari olahraga ini. Memang yoga adalah olahraga yang dapat membantu ketenangan fikiran dan kesabaran dalam meraih suatu hal.

Sudah selama ribuan tahun olahraga ini ada, mulanya para yogi atau pakar yoga ini telah menurunkan ilmunya kepada semua muridnya, sehingga pada akhirnya aktifitas yoga tersebut masuk pada sekolah-sekolah yang sebelumnya, dibawa langsung oleh mereka yang telah belajar yoga tersebut. Mereka dari tahun ke tahun mencetak lulusan untuk olahraga yang satu ini, sehingga sampai sekarang dikenal dan peminatnya juga tidak pernah surut. Belakangan komunitas yoga ini telah menjadi trend olahraga tersendiri bagi sebagian kalangan.

Berbagai gerakan ada dalam yoga, akan tetapi pada intinya semua gerakan yoga terdiri dari tiga fokus gerakan saja, dan ketiga gerakan dijabarkan menjadi berbagai gerakan yang dilakukan dalam olahraga yoga, berikut adalah tiga gerakan tersebut:

  • Tubuh

Ada berbagai pose gerakan tubuh pada yoga, bahkan terdapat ribuan pose dan semua pose tersebut melambangkan kriyas (upaya dalam memindahkan energi atas ke bawah), mudra (gerakan untuk menahan energi), bandhas (menahan bentuk konsentrasi pada otot untuk fokus pada kesadaran).

  • Pikiran

Aktivitas fisik yang sangat menyehatkan dengan mengacu pada satu fokus dan berkonsentrasi pada satu titik bagian tubuh.

  • Semangat

Adalah teknik pernafasan yang dapat mengontrol fikiran sehingga tertuju pada satu tujuan, dan hal ini sangat menenangkan.

Yoga yang memakai pengontrolan fikiran sebagai cara untuk membantu penyatuan antara pikiran, tubuh, serta jiwa. Teknik dalam yoga sendiri pada intinya adalah focus fikiran yang di tuangkan dalam bentuk gerakan yang sangat menenangkan, sehingga bisa dipahami yoga sebagai olahraga yang dapat, digunakan untuk menenangkan jiwa seseorang karena pikirannya telah terfokus pada hal lain dan bukan hanya masalah saja yang ada di dalam benak seseorang.

Di Indonesia sendiri, khususnya di Ibukota Jakarta, telah banyak tempat kebugaran yang telah menyediakan jasa latihan yoga, dari latihan tingkat ringan sampai tingkat berat. Latihan yoga sendiri memang sangat bervariatif dan pada pemilihan latihan dengan prosedur yang benar bisa mengoptimalkan kembali kinerja bagi otak manusia untuk secara aktif dapat memilah energi yang harusnya dibutuhkan atau harus segera dibuang. Selain itu, olahraga yoga dipercaya ampuh membuat semua pelakunya lebih aktif pada system otot saat bekerja, memperlambat kerja detak jantungnya, serta menenangkan beban pikiran, meraih semua ketenangan batin, dan juga relaksasi.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply