Panduan Menulis Berita Olahraga Yang Baik Dan Benar Untuk Pemula

Menulis artikel berita olahraga berbeda dari menulis artikel lainnya atau potongan informasi, karena artikel olahraga menyajikan informasi dengan cara tertentu. Sangat penting untuk dapat menyampaikan semua informasi penting dalam sebuah kata yang terbatas menghitung dan memberikan informasi terbaik untuk audiens yang ditargetkan bagi masing-masing cabang olahraga. Mengetahui bagaimana menulis sebuah artikel olahraga dapat membantu Anda memperluas karir jurnalistik, latihan keterampilan menulis Anda dan menyampaikan informasi secara jelas dan ringkas. Berikut panduan menulis berita olahraga yang baik dan benar untuk pemula.

Perencanaan tema Anda dalam menulis berita olahraga

   Meneliti topik Anda. Untuk mulai menulis artikel olahraga Anda perlu untuk melakukan riset topik yang Anda akan menulis tentang sesuatu yang luas. Dalam rangka untuk memiliki kredibel, ditulis dengan baik, artikel yang terstruktur, Anda harus tahu topik dengan baik.

       Jika Anda pernah menulis sebuah essai mengenai cabang olahraga tertentu Anda memahami setidaknya sedikit demi sedikit tentang pembahasan topik Anda. Tahap pertama dari menulis artikel apapun jenisnya. Anda harus mengetahui sesuatu yang dari dasar.

       Mulailah dengan bertanya pada diri sendiri “5W ini” (kadang-kadang “6W ini”).

           Yang – siapa yang terlibat?

           Apa – apa yang terjadi?

           Di mana – mana hal itu bisa terjadi?

           Mengapa – mengapa hal itu bisa terjadi?

           Ketika – ketika hal itu terjadi?

           Bagaimana – bagaimana hal itu bisa terjadi?

  •    

   Mengkompilasi semua fakta berita olahraga Anda

       

           Setelah Anda jelas dapat menjawab “5W ini”, menuliskan daftar semua fakta terkait dan informasi yang perlu dimasukkan dalam artikel. Mengatur fakta Anda menjadi tiga kelompok:

           1) orang-orang yang perlu dimasukkan dalam artikel.

           2) orang-orang yang menarik tetapi tidak penting.

           3) orang-orang yang terkait tetapi tidak penting untuk tujuan artikel tersebut.

Baca Juga:Tips-Tips Dalam Membuat Blog Olahraga

       Daftar Fakta ini akan membantu mencegah Anda meninggalkan apapun informasi yang relevan tentang topik atau cerita, dan juga akan membantu Anda menulis bersih, artikel ringkas.

       Sespesifik mungkin saat menuliskan semua fakta-fakta ini. Anda selalu dapat memangkas informasi yang tidak perlu kemudian, tapi lebih mudah untuk memotong sebuah artikel.

       Tidak apa-apa pada saat ini Anda memiliki informasi Anda sendiri – jika Anda tidak memiliki fakta yang bersangkutan, menuliskan pertanyaan Anda sendiri sehingga Anda tidak akan lupa untuk mengetahuinya secara fakta

       Sekarang Anda memiliki fakta-fakta Anda, sudut pandang Anda, jika editor Anda belum menetapkan satu tema olahraga yang akan digarap, lebih Anda mencari segala macam informasi mengenai event-event olahraga yang berlangsung di kota Anda. Itu akan lebih baik untuk sekedar Anda belajar menulis berita olahraga dari yang terdekat. olahraga apapun itu jenisnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply