Panduan untuk Pemula dalam Menggunakan Treadmill

Memiliki tubuh yang sehat dan juga bentuk tubuh indah tentunya menjadi harapan bagi seorang orang. Namun dua hal ini kenyataannya juga menjadi hal yang sangat sulit untuk didapatkan, kesehatan mahal harganya, begitu juga ketika seseorang ingin membentuk tubuh menjadi jauh lebih sempurna, maka harus rela keluarkan uang dalam jumlah yang tinggi untuk melakukan berbagai macam program pembentukan badan tersebut. Sebenarnya tak perlu dengan olahraga yang berat, cukup melakukan olahraga ringan saja, seperti diantaranya adalah lari pagi. Tak sempat melakukannya ataupun tak tersedia ruang yang cukup untuk berlari setiap harinya? Maka bisa mengandalkan treadmill.

Alat yang satu ini merupakan bagian dari perangkat fitness yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, tentunya dengan tujuan kesehatan, mulai dari membakar lemak, meningkatkan kekuatan otot jantung hingga guna dapatkan bentuk tubuh yang lebih ideal. Karena hampir semua orang bisa melakukan olahraga mudah yaitu lari tersebut. Namun bagi yang masih pemula terkadang memang kesulitan dalam mengoperasikan alat tersebut. Bahkan sering kali cidera karena terjatuh dalam penggunaannya.

Untuk itulah maka ketahui terlebih dahulu panduan dalam menggunakan treadmill berikut ini:

 Cari tau juga tentang pemilihan sepatu untuk treadmil yang benar. Baca selengkapnya di anekajerseybola.com

  1. Gunakan sepatu lari yang nyaman, satu hal penting dan harus dipersiapkan ketika ingin melakukan olahraga lari dan meminimalkan resiko cidera adalah gunakan sarana yang tepat, diantaranya adalah sepatu lari yang nyaman, jangan menggunakan alat tersebut dengan bertelanjang kaki, karena selain licin resiko cidera juga lebih tinggi. Jadi pastikan Anda memakai running shoes yang tepat.
  2. Minum paling tidak 0,5 hingga 0,7 liter air 90 menit sebelum melakukan olahraga tersebut, olahraga yang satu ini akan menguras banyak tenaga, salah satunya adalah mampu untuk menyebabkan dehidrasi karena tubuh terus kekurangan cairan, alangkah baiknya untuk mengkonsumsi air dalam jumlah cukup sebagai pengganti cairan yang akan hilang nantinya.
  3. Lakukan pemanasan terlebih dahulu, resiko cidera bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satu yang paling sering terjadi adalah karena kurangnya pemanasan, sehingga menyebabkan otot menjadi keram. Hal inilah yang memicu pelari juga bisa saja terjatuh.
  4. Mulailah dari kecepatan yang paling rendah terlebih dahulu, ketika sudah mulai untuk menggunakan alat fitness tersebut, maka jangan langsung menggunakan kecepatan tinggi, lakukan secara perlahan dari kecepatan yang paling kecil hingga semakin tinggi, sehingga nantinya kaki juga terbiasa dalam berlari.
  5. Ketika ingin mengakhirinya juga lakukan hal yang sama, perlahan kecepatan diturunkan hingga nantinya mati secara total.

Sangat mudah bukan, penting bagi yang masih pemula untuk mengetahui hal tersebut, sehingga tidak mengalami resiko cidera berlari di atas treadmill. Alat yang satu ini akan sangat membantu dalam menunjang latihan di rumah.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply